Rian, Ridho Agung Nur (2018) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam kelas V semester I materi organ tubuh manusia dan hewan di SDN Tumpuk Kabupaten Trenggalek / Ridho Agung Nur Rian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Rian A.N. Ridho. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Semester 1Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan Di SDN Tumpuk Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Multimedia pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar yang meliputi unsur teks gambar audio animasi dan video Multimedia ini bersifat interaktif dalam hal ini pengguna / siswa diberikan kebebasan memilih materi yang akan dipelajari serta mendapat balikan. Dalam mempelajari materi perubahan sifat benda mengandung unsur gerak sehingga materi tersebut harus dijelaskan melalui teks gambar audio video dan animasi yang terdapat pada multimedia interaktif maka dari itu multimedia interaktif diperlukan siswa dalam mempelajari materi organ tubuh manusia dan hewan agar lebih efektif. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran interaktif yang valid sebagai sumber belajar yang efektif dalam mata pelajaran IPA tentang Organ tubuh manusia dan hewan untuk kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee W.W. Owens D.L. langkah-langkah pengembangan ini yaitu Analisis kebutuhan analisis awal-akhir desain pengembangan dan implementasi evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa kelas V SDN Tumpuk Kabupaten Trenggalek. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Multimedia pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta pada ujicoba perorangan sebanyak 2 orang dan uji coba kelompok besar sebanyak 23 orang untuk mengetahui hasil belajar siswa oleh audiens sebanyak 23 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil validasi multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 98.21% ahli materi sebesar 95 98% dari ujicoba perseorangan didapat skor prosentase sebesar 95 07% dan ujicoba kelompok besar didapat skor presentase 96 80%. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia interaktif ini dinyatakan efektif hal ini terbukti dari skor tes hasil belajar jumlah siswa yang memenuhi KKM ( 8805 70) didapat prosentase sebesar 100% setelah penggunaan multimedia interaktif. Disarankan untuk pengembang selanjutnya bisa mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif ini lebih baik lagi tepat guna tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |