Strategi pembelajaran ekstrakurikuler drum band di SMP Muhammadiyah 1 Babat Kabupaten Lamongan / Feryand Wahyu Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran ekstrakurikuler drum band di SMP Muhammadiyah 1 Babat Kabupaten Lamongan / Feryand Wahyu Nugroho

Nugroho, Feryand Wahyu (2019) Strategi pembelajaran ekstrakurikuler drum band di SMP Muhammadiyah 1 Babat Kabupaten Lamongan / Feryand Wahyu Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyu Feryand. 2019. Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band di SMP Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati. M.Pd. (II) Rully Aprilia Zandra. S.Pd. M.Sn. M.Pd. Kata Kunci Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band. SMP Muhammadiyah 1 Babat merupakan sekolah yang menerapkan strategi dalam pembelajaran ekstrakurikuler. Strategi yang digunakan memiliki tiga aspek yang berkaitan dengan pembelajaran yakni perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan. Kegiatan ekstrakurikuler drum band memiliki prestasi seperti juara harapan 1 parade drum band tabligh akbar Muhammadiyah se-Jawa Timur tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler drum band di SMP Muhammadiyah 1 Babat Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alanalisis kualitatif dengan cara mereduksi data menyajikan data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan dibagi menjadi 3 yaitu 1) Perencanaan pembelajaran yang diterapkan yakni (a) Tujuan pembelajaran ekstrakurikuler drum band adalah untuk mewadahi bakat peserta didik dibidang seni selain itu tujuan pembelajaran ekstrakurikuler drum band adalah untuk meraih prestasi dan menjadikan prestasi sebagai motivasi belajar peserta didik (b) Materi pembelajaran disusun berdasarkan kemampuan peserta didik dan dilakukan secara bertahap dari materi mudah sampai sulit (c) Metode pembelajaran yang diterapkan ada empat metode yaitu metode ceramah metode demonstrasi metode diskusi dan metode tanya jawab (d) Evaluasi dalam pembelajaran yang diterapkan ada dua penilaian yakni penilaian proses dan penilaian hasil 2) Pelaksanaan Pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yakni kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup 3) Pengelolaan pembelajaran yang diterapkan guru dan pelatih ekstrakurikuler drum band di SMP Muhammadiyah 1 Babat ada dua yakni pendekatan individu dan pendekatan kelompok. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran ekstrakurikuler drum band di SMP Muhammadiyah 1 Babat meliputi tiga hal yakni perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan dengan adanya penelitian sejenis serta dapat dijadikan referensi dalam menentukan dan mengembangkan strategi pembelajaran pada ekstrakurikuler drum band.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73644

Actions (login required)

View Item View Item