Proses latihan colour guard section di SMA Negeri 01 Kepanjen Kabupaten Malang / Larasati Dwi Syukuri Mahrifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses latihan colour guard section di SMA Negeri 01 Kepanjen Kabupaten Malang / Larasati Dwi Syukuri Mahrifa

Mahrifa, Larasati Dwi Syukuri (2019) Proses latihan colour guard section di SMA Negeri 01 Kepanjen Kabupaten Malang / Larasati Dwi Syukuri Mahrifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Syukuria Mahrifa Larasati. 2019. Proses latihan Colour guard Section dalam Pembelajaran Marching Band di SMAN 1 Kepanjen Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Ninik Harini M.Sn (2) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Latihan Pembelajaran Colour Gurad Section Marching Band SMA. Kegiatan ekstrakulikuler pada jenjang pendidikan formal sebagai tempat proses belajar motorik dalam mengembangkan bakat dan minat. SMA Negeri 1 Kepanjen memiliki ekstrakulikuler marching band (Bahana Swara Sangkakala Bhawana) dengan empat divisi yaitu brass battery pit dan colou guard section yang merupakan tim tari berprestasi pada perlombaan marching band divisi colour guard section. Perlombaan yang pernah diikuti yaitu GPMB 2017 terbaik III divisi colour guard section KDS juara I divisi colour guard section dan juara umum colour guard contes 2018. Prestasi yang didapatkan SMA Negeri 1 Kepanjen tidak terlepas dari proses latihan yang baik untuk mendukung bakat dan minat dari peserta didik. Peneliti memilih proses latihan colour guard section sebagai bahan penelitian dalam menggali informasi mengenai penelitian sebelumnya yang berjudul Proses Pembelajaran Marching Band di SMA Negeri 1 Kepanjen kabupaten Malang oleh peneliti Angga Pramudia Sakti. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan proses latihan colour guard section di SMA Negeri 1 Kepanjen kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi yang didapatkan pada proses latihan colour guard section serta proses wawancara yang dilakukan kepada pelatih waka kesiswaan pembina alumni dan peserta didik. Kegiatan analisis data diawali dengan tahap reduksi kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan proses latihan meliputi (1) Perencanaan meliputi tujuan dan program kerja (2) Persiapan latihan berupa pengelolaan kelas (3) Pelaksanaan berupa materi dan metode latihan (4) Evaluasi/ Tindak lanjut meliputi evaluasi proses dan evaluasi hasil. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan proses latihan diawalipelatih dan peserta didik menyusun perencanaan latihan berupa tujuan dan program kerja. Persiapan latihan berupa pengelolaan kelas dengan melakukan pengondisian peserta didik dalam menyiapkan diri menerima pelajaran dan menyiapkan property berupa flag rifel dan saber sebagai alat yang digunakan untuk latihan. Pemberian materi basic drill materi dasar materi body languange dan koreografi dan metode pengajaran yaitu demonstrasi drill dan demonstrasi yang dilakukan pada pelaksanaan latihan. Evaluasi/tindak lanjut dilakukan setelah kegiatan latihan dan pertunjukan lomba dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73622

Actions (login required)

View Item View Item