Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Negeri 15 Malang / Rizki Octananda Satria Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Negeri 15 Malang / Rizki Octananda Satria Pamungkas

Pamungkas, Rizki Octananda Satria (2018) Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Negeri 15 Malang / Rizki Octananda Satria Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pamungkas Rizki Octananda Satria. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M. Pd Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SMP. Multimedia interaktif adalah media pembelajaran berbasis komputer yang terdiri dari gabungan beberapa macam media seperti teks gambar audio animasi dan video yang dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi antara dua arah antara pengguna dengan multimedia interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan efektif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi partikel materi atom ion dan molekul kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004) langkah-langkah pengembangan yaitu (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa instrumen angket siswa validasi ahli media validasi ahli materi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket siswa validasi ahli media validasi ahli materi.. Hasil pengembangan multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi dari ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 87 5% ahli materi didapatkan skor presentase sebesar 90%. Persentase dari hasil uji coba lapangan menggunakan multimedia interaktif adalah 91 89%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam partikel materi atom ion dan molekul kelas VIII SMP Negeri 15 Malang layak dan efektif sebagai salah satu media pembelajaran secara mandiri. Dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif sebaiknya user sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia pembelajaran interaktif user tidak mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item