Pengembangan bahan ajar e-module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi tata surya kelas VII semester 2 tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 1 Mojoagung Jombang / Naqhula Xenix Fatoni Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi tata surya kelas VII semester 2 tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 1 Mojoagung Jombang / Naqhula Xenix Fatoni Pratama

Pratama, Naqhula Xenix Fatoni (2018) Pengembangan bahan ajar e-module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi tata surya kelas VII semester 2 tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 1 Mojoagung Jombang / Naqhula Xenix Fatoni Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Xenix Naqhula. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Module Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya Kelas VII Semester 2 Tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 1 Mojoagung Jombang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Zainul Abidin M.Pd. (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar E-Module Tata Surya E-module merupakan salah satu penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. E-module materi Tata Surya yang diperuntukan pada proses pembelajaran IPA bagi siswa kelas VII SMP ini berbentuk elektronik didalamnya diisi materi dengan format digital dan hanya bisa digunakan dengan media komputer yang memadai. Proses pembuatan e-module dimulai dengan menyiapkan software Autoplay Media Studio 8 karena software ini sangat mendukung dalam pembuatan bahan ajar e-module interaktif dengan berisi beberapa konten yang mempunyai fasilitas cukup mudah untuk mempublish file atau produk yang sudah jadi dan selanjutnya disimpan dengan format Application. Kemudian jika bahan ajar e-module ini sudah jadi dalam bentuk Application langkah selanjutnya adalah dikemas dan diperbanyak kedalam Compact Disk (CD) dengan proses burning menggunakan aplikasi bawaan windows 10. Sehingga siswa dapat memanfaatkannya pada masing-masing laptop atau Personal Computer (PC) yang memadai. Dalam penelitian pengembangan e-module ilmu pengetahuan alam (IPA) materi Tata Surya kelas VII semester 2 ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004). Tahapan pengembangan dalam model Lee Owens adalah (1) Assesment/analysis (analisis) (2) Design (Desain) (3) Development (Pengembangan) (4) Implementaion (Penerapan) (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Mojoagung Jombang tahun ajaran 2016/2017. Jenis instrumen yang digunakan untuk mendapatakan data yaitu angket lembar validasi ahli media lembar validasi ahli materi dan tes hasil belajar. Bahan Ajar E-Module Ilmu Pengetahuan Alam materi Tata Surya untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi siswa sebagai subjek penelitian. Persentase hasil validasi ahli media sebesar 93 75% ahli materi sebesar 82 50% penyajian data siswa perorangan sebesar 85 00% penyajian data siswa kelompok kecil sebesar 84 75% dan penyajian data kelompok besar sebesar 85 5%. Serta tes hasil belajar siswa memperoleh hasil persentase ketuntasan 93 46%. Dari penyajian data peserta didik yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sejumlah 26 siswa dari 30 peserta didik dan 4 peserta didik lainnya tidak mencapai KKM. Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar E-Module Ilmu Pengetahuan Alam materi Tata Surya untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama tahun ajaran 2016/2017 ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item