Analisis desain dan proses produksi kriya keramik "Paolo" Kota Probolinggo / Natasha Dwike Yuni Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis desain dan proses produksi kriya keramik "Paolo" Kota Probolinggo / Natasha Dwike Yuni Astutik

Astutik, Natasha Dwike Yuni (2019) Analisis desain dan proses produksi kriya keramik "Paolo" Kota Probolinggo / Natasha Dwike Yuni Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Astutik Natasha Dwike Yuni. 2019. Analisis Desain Dan Proses Produksi Kriya Keramik Paolo Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimin M. Hum (II) Denik Ristya Rini S. Pd M. Pd Kata Kunci keramik Paolo desain proses produksi Probolinggo memiliki beberapa potensi industri yang mendukung perekonomian masyarakatnya salah satunya yaitu pada industri kriya keramik Paolo. Industri kriya keramik Paolo Kota Probolinggo berada di desa Pilang kecamatan Kedemangan kota Probolinggo. Posisi geografisnya cukup strategis yang berada di dalam kota. Industri keramik Paolo salah satu industri keramik terbesar di kota Probolinggo. Terdapat aspek keunikan ditinjau dari segi desain dan proses produksi. Oleh karena itu menarik untuk diteliti. Penelitian bertujuan untuk menganalisis (1) desain produk keramik(2) proses produksi dan (3) hasil produk keramik yang dihasilkan oleh industri keramik tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian diawali dengan pengumpulan data dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode dengan menghubungkan data hasil obsevasi dengan landasan teori. Hasil penelitaian meliputi (1) desain produksi keramik terdiri dari a) desain struktural dan b) desain dekorasi. (2) proses produk meliputi a) teknik pengolahan bahan b) teknik pembentukan c) teknik ornamen dan d) teknik pembakaran. (3) hasil produk keramik meliputi a)visualisasi produk dan b) fungsi keramik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu dalam bidang seni kriya keramik. Bagi peneliti menambah dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan agar semakin memehami mengenai materi keramik. Bagi pembaca menjadi sebuah bekal pengetahuan di bidang keramik dan dapat menjadi penelitihan selanjutnya. Bagi industri menjadi masukan dan refrensi untuk memajukan usaha perusahaan dan agar dapat dikenal publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73128

Actions (login required)

View Item View Item