Seni pertunjukan Jaran Kepang sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis / Dica Althia - Repositori Universitas Negeri Malang

Seni pertunjukan Jaran Kepang sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis / Dica Althia

Althia, Dica (2019) Seni pertunjukan Jaran Kepang sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis / Dica Althia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Althia Dica. 2019. Seni Pertunjukan Jaran Kepang Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Satsra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. (II) Fenny Rochbeind S.Pd. M.Sn. Kata kunci Seni Pertunjukan Jaran Kepang Penciptaan Seni Lukis Ekspresionis. Salah satu kekayaan budaya Indonesia khususnya di Jawa Timur adalah seni pertunjukan Jaran Kepang. Jaran Kepang juga disebut Kuda Lumping merupakan seni pertunjukan sederhana yang disajikan oleh 4 sampai 6 orang penari yang mengapit kuda-kudaan dari anyaman bambu. Jenis penelitian ini adalah penelitian penciptaan seni yang memaparkan penciptaan seni representasional dengan corak ekspresionis. Model proses kreatif Chaterina Patrick digunakan sebagai pedoman berkarya lukis dimulai dari tahap persiapan tahap penetasan tahap inspirasi dan tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan proses kreatif dimulai dengan mewujudkan ide kosep dan tema ke dalam enam karya lukis dengan menampilkan objek utama seni pertunjukan Jaran Kepang. Pencipta menampilkan enam karya lukis dengan media estetik berupa garis bentuk dan warna sebagai simbolisasi dari konsep. Karakteristik dari keenam karya lukis ini adalah objek utama berupa pertunjukan Jaran Kepang yang direpresentasikan secara ekspresif. Pada perwujudan objek utama figur manusia terjadi pendistorsian bentuk namun masih dapat dikenali bentuk aslinya. Melalui karya penciptaan ini diharapkan mendapat apresiasi yang positif dari masyarakat sebagai apresian. Sesuai pesan moral melalui lukisan dengan objek pertunjukan Jaran Kepang dapat membangkitkan minat masyarakat terhadap nilai-nilai budaya lokal yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sepanjang masa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73124

Actions (login required)

View Item View Item