Kombinasi serat alam dengan logam sebagai medium berkarya seni kriya / Nyaras Andika - Repositori Universitas Negeri Malang

Kombinasi serat alam dengan logam sebagai medium berkarya seni kriya / Nyaras Andika

Andika, Nyaras (2019) Kombinasi serat alam dengan logam sebagai medium berkarya seni kriya / Nyaras Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Andika Nyaras. 2019. Kombinasi Serat Alam dengan Logam sebagai Medium Berkarya Seni Kriya. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Anak Agung Gde Rai Arimbawa M.Sn. (2) Denik Ristya Rini S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kombinasi Serat Alam Logam Karya Seni Kriya. Pada masa lampau seni kriya pada umumnya bermedium dari satu jenis benda saja seperti seni kriya logam yang bermedium logam dan seni kriya kayu yang bermedium kayu dengan fungsinya masing-masing. Seiring perkembangan zaman seni kriya kini lebih inovatif dan kreatif banyaknya temuan-temuan baru membuat seni kriya lebih luas cakupannya. Seni kriya merupakan karya seni terapan yang sangat mengutamakan nilai fungsinya namun sesuai perkembangan saat ini seni kriya juga tidak meninggalkan nilai estetik dalam karya. Tidak heran jika zaman sekarang seni kriya juga berfungsi sebagai benda yang memperindah seperti produk elemen interior dengan medium kayu logam bahkan perpaduan kedua medium tersebut. Kebaruan dalam dunia seni kriya membuat para seniman bisa menciptakan karya sesuai keinginan namun juga mempertimbangkan karya tersebut untuk siapa dan akan berdampak bagaimana karena seni kriya adalah karya seni terapan. Dalam hal ini pencipta mengembangkan kemampuan dan kepekaan estetiknya yaitu mengkombinasikan serat alam jenis kelobot jagung yang merupakan benda yang sangat banyak ditemui di lingkungan sekitar pencipta dengan kombinasi logam dan membuat karya temuan baru yang belum ada sebelumnya menjadi sebuah karya seni kriya sebagai produk elemen interior gaya rustic. Tidak hanya itu temuan ini mampu menjadi peluang bisnis bagi masyarakat sekitar dengan mengolah limbah serat alam kelobot jagung tersebut. Metode penciptaan yang digunakan menggunakan metode SP. Gustami yang memiliki tiga tahapan yaitu eksplorasi berupa kegiatan pengamatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan unsur tematik yang akan diangkat. Perancangan berupa eksplorasi bentuk dan mempertimbangkan prinsip organisasi estetik lalu dituangkan dalam sketsa desain. Kemudian perwujudan berupa perwujudan dari hasil perancangan bentuk untuk diwujudkan dan dipakai sebagai acuan dalam penciptaan karya berupa proses mewujudkan karya hingga finishing. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya seni kriya produk elemen interior yang dikelompokkan menjadi karya yang terikat dan karya yang bebas (flexible) dengan media estetik berupa garis bentuk dan ruang warna serta tekstur sebagai kreasi produk dalam dunia interior. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada pencipta maupun orang lain dalam mempelajari karya seni kriya dengan perpaduan medium dan tentang pemanfaatan medium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73123

Actions (login required)

View Item View Item