Pengembangan media video pembelajaran Tari Gandrungan pada mata pelajaran seni budaya untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi / Gio Renggar Prastian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran Tari Gandrungan pada mata pelajaran seni budaya untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi / Gio Renggar Prastian

Prastian, Gio Renggar (2017) Pengembangan media video pembelajaran Tari Gandrungan pada mata pelajaran seni budaya untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi / Gio Renggar Prastian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Prastian Gio Renggar. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tari Gandrung uUtuk Mata Pelajaran Seni Tari Siswa SMP Negeri Bangorejo Banyuwangi. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Video Tari Gandrung Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas VII di SMP Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi Guru memanfaatkan beberapa contoh video sebagai referensi materi pembelajaran. Siswa kelas VII diharuskan memahami dan mampu menerapkan beberapa jenis-jenis gerakan tari gandrung yang sebelumnya belum lebih mengenal secara detail jenis-jenis gerakan tari gandrung. Maka perlu adanya penggunaan media video pembelajaran agar dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran mata pelajaran seni tari gandrung. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran Tari Gandrung yang valid/layak. Sedangkan isi dalam pengembangan video pembelajaran ini adalah mengenai pokok bahasan Tari Gandrung dengan sub bahasan pola lantai jenis gerakan dan keunikan tari gandrung. Penelitian ini menggunakan model Sadiman. Kegiatan pengembangan produk ini divalidasi oleh ahli media ahli materi dan audiens/siswa secara perseorangan kelompok kecil dan uji coba lapangan. Sedangkan efektifitas media video ini dilakukan melalui tes uji hasil belajar. Hasil evaluasi ahli media pada aspek tampilan 77 5% pada aspek pemrograman 81 25%. Hasil evaluasi ahli materi pada aspek konsep 87 5% pada aspek materi 82 5% dan aspek pembelajaran 87 5%. Hasil uji coba perseorangan dengan subjek 3 orang pada aspek tampilan 87 55% pada aspek materi 85% dan pada aspek pembelajaran 85 5%. Hasil uji coba kelompok kecil dengan subjek 5 orang pada aspek tampilan 90% pada aspek materi 90% dan pada aspek pembelajaran 93 25%. Hasil uji coba lapangan dengan subjek 26 orang pada aspek tampilan 83 25% pada aspek materi 85% dan pada aspek pembelajaran 82 25% yang berarti media video valid dan layak digunakan. Saran yang diajukan bagi siswa sebaiknya dalam menggunakan media video pembelajaran tentang Seni Tari Budaya sebaiknya mempelajari jenis-jenis gerakan dan pola lantai terlebih dahulu. Bagi guru mata pelajaran seni budaya adalah pada pembelajaran siswa harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis gerakan pada tari gandrung selanjutnya guru dapat menggunakan media ini sehingga siswa memperoleh sumber belajara yang maksimal. Sedangkan saran bagi pengembang berikutnya agar mengembangkan video pembelajaran untuk mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item