Yuana, Luth Eka (2019) A content analysis of an English coursebook "When English Rings a Bell" for eight graders of junior high school / Luth Eka Yuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Yuana Luth Eka. 2018. A Content Analysis of an English Coursebook When English Rings a Bell for Eight Graders of Junior High School. Thesis. English Department. Faculty of Letters State University of Malang. Advisors (1) Dr. Johannes A. P. M.Pd. M.Ed. (2) Drs. Kukuh Prayitno S. M.A. Kata kunci konten buku pelajaran kualitas sekolah menengah pertama Peran buku pelajaran dalam kegiatan belajar dan pembelajaran dianggap penting karena sebagian besar guru menggunakan buku pelajaran sebagai materi utama mereka. When English Rings a Bell adalah salah satu buku pelajaran yang ditulis berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas konten buku pelajaran yang berfokus pada empat aspek yaitu (1) konten bahasa (2) keterampilan bahasa (3) topik dan nilai-nilai sosial budaya dan (4) desain dan organisasi. Metode penelitian deskriptif-kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Langkah-langkah dari penelitian ini adalah mengumpulkan data dari konten buku pelajaran menggunakan daftar periksa evaluasi. Kemudian data dari daftar periksa dianalisis menggunakan rumus yang telah ditetapkan untuk mendapatkan hasil dari setiap skor faktor dari buku pelajaran. Setelah itu hasilnya dijelaskan dan data dibandingkan dengan teori yang terkait oleh para ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan skala 1-4 dalam hal (1) konten bahasa coursebook mendapat nilai 2 4 dan dikategorikan sebagai cukup (3) keterampilan bahasa dikategorikan sebagai cukup karena dinilai 2 5 (4 ) topik dan nilai-nilai sosio-budaya mendapat nilai 3 0 dan dikategorikan baik dan (5) desain dan organisasi juga baik untuk mencapai skor 3 4. Secara keseluruhan buku pelajaran dikategorikan sebagai cukup karena mencapai skor 2 8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku pelajaran yang berjudul When English Rings a Bell dikategorikan sebagai cukup bukan baik atau sangat baik karena masih memiliki beberapa kelemahan dalam beberapa aspek. Untuk perbaikan buku pelajaran penulis buku pelajaran disarankan untuk (1) menyajikan latihan yang lebih kontekstual untuk pembuatan tata bahasa dan kosakata (2) menyediakan materi menyimak dan menambah jumlah latihan keterampilan dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan terutama dalam membaca dan menulis (3 ) memperkaya konten dengan kesadaran budaya dan (4) melengkapi buku pelajaran dengan paket buku pelajaran seperti media alat penilaian dll. Kedua guru harus menyediakan materi tambahan untuk mendukung proses pembelajaran dan menutupi kelemahan buku pelajaran terutama dalam membaca dan menulis. Akhirnya untuk peneliti masa depan yang ingin melakukan penelitian serupa disarankan untuk mengevaluasi buku ajar lain untuk kelas lain dengan mengambil isu yang lebih spesifik seperti pelaksanaan pendekatan ilmiah menggunakan instrumen evaluasi yang lebih rinci dan pendapat guru juga evaluasi dari perspektif siswa terutama tentang tingkat kesulitan materi dan latihan di buku pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/71797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |