Implementing word wall media to improve the eighth graders vocabulary mastery verbs in recount text / Luthfiana Dimyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing word wall media to improve the eighth graders vocabulary mastery verbs in recount text / Luthfiana Dimyati

Dimyati, Luthfiana (2020) Implementing word wall media to improve the eighth graders vocabulary mastery verbs in recount text / Luthfiana Dimyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dimyati Luthfiana. 2019. Menerapkan Word Wall untuk meningkatkan penguasaan kosakata kata kerja dalam teks recount siswa kelas 8. Skripsi. Jurusan sastra Inggris Fakultas Sastra.Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.EnnyIrawati M.Pd. (II) Dr. Ekaning Laksmi M. Pd. Kata Kunci Aktivitas Word Wall Kosakata Teks Recount Penelitian pra-tindakan peneliti menemukan bahwa siswa kelas 8.2 di SMPN 21 Malang kurang menguasai kosa kata dalam bahasa Inggris khususnya dalam teks recount. Berdasarkan dari hasil pre-test tidak ada yang mendapatkan score diatas 70. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai yang didapat sangat kurang. Solusi dari masalah tersebut adalah menerapkan aktivitas word wall untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Word wall adalah media dimana kumpulan kata ditunjukkan dalam ukuran huruf yang besar ditembok majalah dinding atau permukaan lain didalam kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan peneliti berkolaborasi dengan rekannya teman satu jurusan. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat beberapa langkah yang meliputi (1) perencanaaan (2) menerapkan (3) mengobservasi dan (4) refleksi. Peneliti bekerja sama dengan rekannya selama proses pelaksanaan penelitian. Peneliti juga merancang criteria keberhasilan. Data penelitian diperoleh melalui wawanacara dengan guru observasi dan tes kosa kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi menggunakan Word Wall media telah berhasil meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa. Ada beberapa langkah dalam mengimplementasikan kata wall. Pertama peneliti menyiapkan media dan menyiapkan dua puluh kosakata baru untuk setiap pertemuan untuk mengajar siswa. Kedua peneliti menjelaskan teks recount. Terakhir para siswa diminta untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi. Dengan penelitian ini peneliti menyarankan kepada peneliti lain menggunakan word wall untuk meningkatkan kosakata dengan aktivitas dan media yang lebih bervariasi untuk menciptakan lingkungan belajar lebih menarik serta diharapkan mampu menambah motivasi belajar siswa. Kesimpulannya word wall sangat penting untuk meningkatkan kosakata siswa. Siswa dapat membaca kembali kapanpun mereka inginkan. Jadi kemampuan siswa meningkat secara tidak langsung mereka melihat dan membaca apa yang sudah tersedia di papan tulis maupun ditembok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71789

Actions (login required)

View Item View Item