Anggraini, Lia (2019) Utilizing crossword puzzle game to improve students' vocabulary knowledge in narrative text / Lia Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Anggraini Lia. 2019. Pemanfaatan Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Pengetahuan Kosa Kata pada Materi Teks Naratif. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Anik Nunuk Wulyani M.Pd Ph.D. (I) Hasti Rahmaningtyas S.Pd MA. (II). Kata Kunci Teka-teki Silang Kemajuan Kosa Kata PTK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memecahkan masalah siswa di kelas. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dengan mewawancarai guru bahasa Inggris dan observasi pada siswa kelas X IPS 4 di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar ditemukan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam penguasaan kosa kata terutama pada kegiatan membaca. Menurut pemaparan guru bahasa Inggris kelas X IPS 4 hanya satu kelas ini saja yang mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris karena keterbatasan kosa kata siswanya. Guru kelas juga memberi peneliti daftar nilai siswa pada materi sebelumnya yaitu recount text. Nilai rata-rata siswa yaitu 61.6 dan tidak memenuhi standar nilai yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Guru menyamppaikan bahwa kurangnya motivasi belajar dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan minat belajar siswa kurang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dan menambah motivasi belajar siswa terutama pada kegiatan membaca. Teka-teki silang dipilih oleh peneliti sebagai media pembelajaran dikarenakan belum adanya peneliti terdahulu yang menggunakan media tersebut untuk level sekolah menengah atas. Peniliti membuat teka-teki silang berdasarkan kosa kata sulit yang terdapat pada buku paket Erlangga dan BSE. Terdapat 42 kata sulit yang di jadikan peneliti sebagai materi pada teka-teki silang. Setiap pertemuan siswa diberikan soal teka-teki silang yang berbeda. Pada pertemuan pertama siswa diberikan soal teka-teki silang yang terdiri dari 16 soal pertanyaan. Pertemuan kedua siswa diberikan soal teka-teki silang sejumlah 13 soal pertanyaan. Pada pertemuan ketiga siswa diberikan 12 soal pertanyaan. Penelitian ini dilakukan dalam 3 pertemuan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS 4 di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawacara tes pencapaian daftar observasi dan jurnal harian. Peneliti memutuskan bahwa strategi teka-teki silang berhasil jika memenuhi dua kriteria yaitu (1) 80% siswa dapat mencapai skor di atas 76 dan (2) 80% siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% dari 32 siswa mendapat skor diatas 80 yang berarti bahwa siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Setelah menerapkan strategi tersebut nilai rata-rata siswa naik menjadi 86. Peneliti juga menemukan 94% dari 32 siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Teka-teki silang dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Berhubungan dengan hasil dari penelitian ada beberapa saran yang di sarankan oleh peneliti yang berhubungan dengan penggunaan teka-teki silang. Pertama guru Bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan strategi yang baru dan menyenangkan untuk mendorong siswa belajar vocabulary. Salah satu strategi alternative dalam mengajar vocabulary adalah teka-teki silang. Kedua untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang sama penelitian ini memiliki beberapa kelemahan. Peneliti selanjutkan di sarankan untuk memperbaiki kelemahan untuk mendapat hasil yang lebih baik. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan strategy ini pada kelas level dan sekolah yang berbeda untuk menginvestigasi penggunaan strategy ini pada konteks dan topic yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/71758 |
Actions (login required)
View Item |