Aksesibilitas mahasiswa dengan hambatan motorik di lingkungan Universitas Negeri Malang / Harniko Dwi Alvinza - Repositori Universitas Negeri Malang

Aksesibilitas mahasiswa dengan hambatan motorik di lingkungan Universitas Negeri Malang / Harniko Dwi Alvinza

Alvinza, Harniko Dwi (2019) Aksesibilitas mahasiswa dengan hambatan motorik di lingkungan Universitas Negeri Malang / Harniko Dwi Alvinza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alvinza Harniko Dwi. 2019. Aksesibilitas Mahasisiwa dengan Hambatan Motorik di Lingkungan Universitas Negeri Malang Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M. Pd. (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP Kata Kunci Aksesibilitas Hambatan Fisik Motorik Universitas Negeri Malang Aksesibilitas penyandang disabilitas adalah bentuk kemudahan yang disediakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari secara mandiri demi terciptanya kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan. Penyediaan aksesibilitas bagi disabilitas termasuk mahasiswa dengan hambatan motoric masih dinomorduakan lantaran minimnya kesadaran yang mendukung pembagunan aksesibiltas untuk disabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aksesibilitas mahasiswa dengan hambatan motorik di Universitas Negeri Malang. Aksesibilitas dalam kajian ini difokuskan kepada sarana aksesibilitas yang terdapat di tiga lingkungan yang berbeda dengan rumpun ilmu yang berbeda guna melihat sejauh mana aksesibilitas di Universitas Negeri Malang dapat memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dengan hambatan fisik motorik yang menggunakan alat bantu gerak seperti tongkat walker dan kursi roda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah penelitian. Sumber data dalam peneltian ini adalah mahasiswa dengan hambatan fisik motoric Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dekan Fakultas Sastra Kepala Perpustakaan Pusat UM. Pengambilan sample dilakukan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Untuk menganalisa data menggunakan analisa data interaktif. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah bahwa Fakultas Ilmu Pendidikan Fakultas Sastra dan Perpustkaan Pusat UM telah menyediakan fasilitas bagi disabilitas. Namun fasilitas yang sudah ada belum dapat di maksimalkan oleh mahasiswa dengan hambatan fisik motoric. Untuk dapat menggunakan fasilitas aksesibilitas seringkali mahasiswa dengan hambatan fisik motoric harus mendapat bantuan orang lain. Selain itu ditemukan bahwa bangunan-bangun yang ada di lingkungan UM terdapat beberapa permasalahan yaitu permasalahan desain teknis kondisi gedung yang tidak memadai karena faktor usia. Dari permasalah-permasalahan yang ada UM sebagai lembaga Institusi pendidikan telah berusahan menghadirkan elemen-elemen aksesibilitas yang cukup memberikan kemudahan bagi mahasiswa dengan hambatan fisik motoric sebagai pengguna bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/71075

Actions (login required)

View Item View Item