Pengembangan media pembelajaran interaktif pendidikan agama Islam kelas IV pokok bahasan menunaikan salat dengan tertib di SDN Tlogomas 2 Malang / Galih Rizky Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pendidikan agama Islam kelas IV pokok bahasan menunaikan salat dengan tertib di SDN Tlogomas 2 Malang / Galih Rizky Rachman

Rachman, Galih Rizky (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif pendidikan agama Islam kelas IV pokok bahasan menunaikan salat dengan tertib di SDN Tlogomas 2 Malang / Galih Rizky Rachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachman Galih Rizky. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Kelas IV Pokok Bahasan Menunaikan Salat Dengan Tertib Di SDN Tlogomas 2 Malang. Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Media Pembelajaran adalah alat/bahan untuk menyampaikan pesan dalam proses pembelajaran guna merangsang peserta didik untuk merespon materi yang telah disampaikan sehingga terjadi komunikasi. Media pembelajaran interaktif adalah proses pembelajaran dimana penyampaian materi diskusi dan kegiatan pembelajaran lain dilakukan melalui media komputer dan bersifat dua arah. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif PAI pokok bahasan Menunaikan Salat dengan Tertib yang valid layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di SDN Negeri Tlogomas Malang dikarenakan sampai saat ini siswa kelas IV cenderung kurang memahami dan masih sulit mempraktekkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pokok bahasan menunaikan salat dengan tertib. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004) sebagai dasar pengembangan media interaktif. Dalam sistematika pengembangannya terdapat lima tahapan yaitu (1) analisis dan penilaian (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada dua ahli media satu ahli materi uji coba perorangan dengan 6 orang siswa uji coba kelomok kecildengan 10 orang siswa dan uji coba uji lapangan dengan 20 orang siswa. Hasil pengembangan media interaktif ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 76 5% ahli materi 93 7% uji coba perorangan 95% uji coba kelompok kecil 96 5% dan uji coba lapangan 95 5%. Sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran ini 95% menunjukkan efektif. Dengan demikian media interaktif untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan menunaikan salat dengan tertib dapat digunakan sebagai media untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item