Prayogo, Galih Uji (2019) Peningkatan hasil belajar PKN materi kebersamaan dalam keberagaman melalui model Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas III SDN Gedong 1 Blitar / Galih Uji Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Prayogo GalihUJi. 2019. PeningkatanHasilBelajarPKnMateri KebersamaanDalamKeberagaman Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas III SDN Gedog 1 Kota Blitar.Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmu PendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj Sri Murdiyah M.Pd. (2) Dr. Sutansi M.Pd. Kata Kunci Hasilbelajar model pembelajaranteamsgamestournament materi keberamaan dalam keberagaman. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukan di kelas III SDN Gedog 1 Kota Blitarmenunjukkanbahwa (1) kegiatanpembelajaranmasih berpusatpada guru (2) guru tidakmelakukankegiatanapersepsipadasaatkegiatanawalpembelajaran (3) siswakurangmemahamimateri yang diberikanoleh guru (4) hasilbelajarsiswamasihrendah denganpersentaseketuntasanklasikalhanyasebesar 44%. Tujuandaripenelitaniniyaitu (1) mendeskripsikanpenerapan model TGTpadapembelajaranmateri kebersaaan dalam keberagaman di kelas III SDN Gedog 1 Kota Blitar (2) mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmateri kersamaandalamkeberagamanmelalui model TGTpadasiswakelas III SDN Gedog 1 Kota Blitar. Penelitianmenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas (PTK) yang dilaksanakanduasiklus.Setiapsiklus terdiri dariempattahapan yaituperencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi.Subjekpenelitianini adalahsiswakelas III SDN Gedog 1 Kota Blitarsebanyak 28siswa.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanteknik wawancara observasi catatanlapangan tes dandokumentasi.Datadianalisismelaluitahapreduksi data menyajikan data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiandengan menerapkan model TGT padapembelajaranPKnmaterikebersamaandalamkeberagaman dapatmeningkatkanaktivitasmaupunhasilbelajarsiswa.Padasiklus I persentaseaktivitas guru sebesar 80% meningkatpadasiklus II sebesar100%.Sedangkanpersentaseaktivitassiswapadasiklus I sebesar 71 74% meningkatpadasiklus II sebesar 84 2%. Persentaseketuntasanbelajaraspekpengetahuanpadapratindakansebesar 44% dengankategorisangatkurangmeningkatpadasiklus Imenjadi 64 5% dengankategorikurangdanmeningkatkembalipadasiklus II sebesar 84% dengankategoribaik. Persentaseketuntasanbelajar padaaspekketerampilanmenyampaikanhasillaporanpadasiklus I sebanyak 13 anak yang tuntasmeningkatpadasiklus II menjadi 22 anak yang tuntaspadaakhirsiklus II. Berdasarkan temuan data tersebut dapatdikatakanbahwapelaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswadarisiklus I kesiklus II mengalamipeningkatan.Hal inimembuktikanbahwapenerapan model TGT padamaterikebersamaandalamkeberagamandilaksanakandenganbaikoleh guru dansiswasehinggaberdampakpadameningkatnyahasilbelajarsiswa.Maka guru diharapkandapatmenerapkan model TGTdalampembelajaran yang terbuktidapatmeningkatkanaktivitas guru aktivitassiswa sertahasilbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70661 |
Actions (login required)
View Item |