Putri, Mauvi Shandy Oktareta (2019) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita penghitungan waktu pada siswa kelas III di SDN Gugus 02 Kecamatan Lowokwaru / Mauvi Shandy Oktareta Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Putri Mauvi Shandy Oktareta. 2019. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Penghitungan Waktu pada Siswa Kelas III di SDN Gugus 02 Kecamatan Lowokwaru. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. (II) Yulia Linguistika S.Pd M.Ed. Kata Kunci Analisis kesalahan soal cerita. Analisis kesalahan merupakan upaya penyelidikan terhadap suatu kesalahan untuk mengetahui penyebab dan duduk perkaranya. Soal cerita pernghitungan waktu yaitu soal matematika yang dinyatakan dengan serangkaian kalimat dalam bentuk cerita terkait kehidupan sehari-hari tentang penghitungan lama suatu kegiatan dan penggunaan satuan waktu. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas III di SDN Merjosari 1 dengan memberikan soal cerita yang mendapatkan hasil dari 26 siswa terdapat 20 siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan tersebut yaitu siswa belum bisa memahami soal dengan baik dan kesalahan penghitungan. Oleh karena itu peneliti ingin menyelidiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita penghitungan waktu untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan dan penyebab dari kesalahan tersebut pada siswa kelas III di SDN Gugus 02 Kecamatan Lowokwaru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluatif menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita penghitungan waktu yaitu kesalahan prosedural dengan persentase sebesar 56%. Kesalahan konseptual menjadi kesalahan terbanyak kedua dengan persentase sebesar 17 21% diikuti oleh kesalahan operasi dengan persentase sebesar 16 69% dan kesalahan yang paling sedikit dilakukan siswa yaitu kesalahan acak dengan persentase sebesar 10 1%. Berdasarkan hasil wawancara dengan subjek penelitian dan guru kesalahan tersebut diakibatkan karena (1) perbedaan tingkat pemahaman siswa dalam memahami soal cerita penghitungan waktu (2) kurangnya penguasaan materi cara penghitungan waktu dan konsep satuan waktu (3) kurang teliti dan konsentrasi dalam menyelesaikan soal cerita (4) siswa malas membaca soal cerita (5) siswa tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran agar siswa melatih diri menyelesaikan soal cerita sehingga terlatih dalam menalar memahami soal dan menentukan operasi hitung apa yang seharusnya digunakan dan guru disarankan membiasakan siswa menyelesaikan soal cerita dengan menuliskan langkah diketahui ditanya dan jawab serta memberikan penjelasan dengan mendongengkan soal cerita dan menggunakan alat peraga agar siswa tertarik dalam memahami soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70636 |
Actions (login required)
View Item |