Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan strategi menulis terbimbing siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang / Galih Eka Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan strategi menulis terbimbing siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang / Galih Eka Kartika Sari

Sari, Galih Eka Kartika (2019) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan strategi menulis terbimbing siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang / Galih Eka Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sari Galih Eka Kartika. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Strategi Menulis Terbimbing Siswa Kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufik M Pd (II) Drs. Suhartono S.Pd M.Pd Kata kunci menulis terbimbing karangan narasi SD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang menemukan permasalahan pada keterampilan menulis. Kegiatan pembelajaran di kelas monoton. Guru kelas mengawali pembelajaran menulis karangan narasi dengan bercerita kemudian siswa menulis karangan narasi sesuai pengalamannya tanpa didampingi oleh guru selanjutnya kegiatan pembelajaran diakhiri dengan siswa membacakan hasil karangannya di depan kelas. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan langkah-langkah strategi menulis terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang (2) mendeskripsikan proses peningkatan hasil keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pelaksanaan strategi menulis terbimbing dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan strategi menulis terbimbing. Tahapan tersebut yaitu (1) prewriting (persiapan) (2) drafting (draf kasar) (3) revising (revisi) (4) editing (edit) (5) publishing (mempublikasikan). Hasil pelaksanaan menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari perbaikan proses pembelajaran menulis karangan narasi yang dilakukan peneliti dan persentase ketuntasan klasikal. Peneliti mengawali pembelajaran dengan bercerita kemudian siswa mendapat bimbingan dalam menentukan topik tema kerangka karangan menyusun draf melakukan revisi melakukan pengeditan dan publikasi hasil karangan. Ketuntasan klasikal pratindakan hanya 22 22% dengan rata-rata nilai 57 69 meningkat menjadi 97 22% dengan rata-rata nilai 79 dan meningkat lagi menjadi 100% dengan rata-rata nilai 88 30. Sehingga dapat disimpulan bahwa penerapan strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Polehan 4 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70629

Actions (login required)

View Item View Item