Wasitah, Rini (2005) Pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan dengan <BR>menggunakan media benda konkrit dan gambar kelas III SDN <BR>Polehan VII No.67 Kecamatan Blimbing Kota Malang tahun <BR>pelajaran 2003-2004 / oleh Rini Wasitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsepp ecahand atamk urikulum 1994 m ulai diajarkanp ada siswak elasl I SemesteIIr. Namun demikianm asih ada siswa yang mengalamik esulitant erhadap konsep pecahan. Berdasarkan hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri Polehan VII ttrusosnybai dangs tudim atematikap ermasalahayna ngp erlud ipecahkana dalahp okok bahasapne cahan. Ituang lingkup dalam penelitian ini materi yang sesua-i dengank urikulum sekolahd asar t epatnyap okok pecahan.O byek penelitian hanyap adak elas III Sekolah OasaSr m st g niptahun p hjarai2 03l20 4. Yangd iteliti mengeraik eberhasilan pembelajaramn tem tika denganm enggunakanm ediabendak ontrit dan gambar- Wuttu yang digunakand alamp enelitiani ni 3 minggud enganr incian siklusI tigap ertemuans i klusI l tiga pertemuans iklusIII tiga pertemuan Pelaksanaante atan pembelajarand ibagi dalam tiga siklus masing-masing siklust erdiri dari (l) Peiencanaa(n2 ) Pelaksanaa(n3 ) Pengamatan_dan_(RefleDkasni. siklus I jika belum berhasil diulangi pada siklus kedua. Jika siklus II masih belum berhasiilu langi lagi padas iklusk etigas ampapi embelajarabne rhasidl ank eberhasilan itu mencapa8i 50/o. Metodey angd igunakanle bih banyakd emonstrasai lasannyam etodei ni lebih memprioritaskasni Jwa untok menemukans endiri pemecahannysae hinggap elajaran lebihmudahd ipahamid and apat tertanamd enganbaik Hasil yang diperolehi ari penelitiani ni yaitu (l) meningkatkanp engetahuan dan ketrampilan-sertap engembanganle bih lanjut. (2) Cara guru menyelesaikan masalah nde-og ditirukan siswa. (3) Pembelajaran bilangan pecahan dengan 1nenggUnakabne nL tontcrlt lebih mudah diterima siswa. (4) Pada pembelajaran menib-andingkanp ecahan akan lebih mudah diawali dari pecahan yang sama p oUit-gnlu kemudian pecahan yang sama penyebutnya dan pecahan yang tidak samap embilangm auPunP enYebut. Bertitik tolai dari hasil penelitian beberapa saran untuk memperbaiki pemahamank onsep sebagai berikut (1) guru hendaknyat ralnit dan dapat .enguasai pembuaiana laibantu pembelajarana gart idak tedadi perbedaanp ersepsi (2) Guru hendaknya selalu meibatkan siswa secara aktif selama pembelajaran iiJrrungt g. (3) Guru harus pandai memilih metode dan kreatif dalam mencoba ide U rit f ptbies pembelajarana gar siswat idak cepatb osan.( 4) Agar keberhasilan p.or p L u aran aapai tercapai hendaknya seorang guru harus menggunakan iendekatany angs esuadi atamm etatcsanakakne gtatanp embelajaratne rsebut. lv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7057 |
Actions (login required)
View Item |