Pengembangan multimedia interaktif materi sumber energi untuk siswa kelas 2 di SD Negeri Karangbesuki 1 Malang / Bachtiar Aji Yuwono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi sumber energi untuk siswa kelas 2 di SD Negeri Karangbesuki 1 Malang / Bachtiar Aji Yuwono

Yuwono, Bachtiar Aji (2017) Pengembangan multimedia interaktif materi sumber energi untuk siswa kelas 2 di SD Negeri Karangbesuki 1 Malang / Bachtiar Aji Yuwono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aji Yuwono Bachtiar. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Siswa Kelas 2 di SD Negeri 1 Karangbesuki Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Dr. Sulthoni M.Pd Kata kunci Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Sumber Energi Sekolah Dasar. multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol dan dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran indivdual atau siswa bisa belajar secara mandiri. Multimedia interaktif didesain sedemikian rupa untuk proses belajar mandiri karena siswa diberikan keleluasaan dalam mengoperasikan media pembelajaran multimedia interaktif. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang valid dan efektif dalam membantu siswa pada mata pelajaran sumber energi di SDN 1 Karangbesuki Malang. Pada pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004) langkah-langkah pengembangan yaitu (a) analisis (b) desain (c) pengembangan (d) implementasi dan (e) evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif ini adalah siswa kelas II di SDN 1 Karangbesuki Kota Malang. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berasal dari saran-saran perbaikan dari angket validasi yang diisi oleh ahli media ahli materi dan angket yang diisi oleh siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi sumber energi memenuhi kriteria valid dengan persentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 98 75% ahli materi didapatkan skor persentase sebesar 81 25% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor persentase 90 6% dari uji coba lapangan didapat skor persentase 94 73% dan dari tes hasil belajar siswa didapat skor persentase 92 5%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif untuk materi sumber energi Kelas 2 di SDN Karangbesuki 1 Kota Malang layak dan efektif sebagai salah satu media pembelajaran. Dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif sebaiknya user sudah membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia interaktif user tidak mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item