Putri, Anisa Eka (2017) Pengaruh e-book terhadap tingkat kemampuan kognitif mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Anisa Eka Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Anisa Eka. 2017. Pengaruh E-Book Terhadap Tingkat Kemampuan Kognitif Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. Kata Kunci Pengaruh E-Book Kemampuan Kognitif Pengembangan Media Foto. Salah satu media pembelajaran elektronik online saat ini yang sudah berkembang yaitu e-book atau yang sering disebut dengan buku elektronik. E-book merupakan sarana publikasi buku dalam bentuk elektronik yang memiliki komponen teks gambar audio maupun video. Sesuai dengan pernyataan Oetomo (2002 164) E-book ini dapat dilengkapi dengan peralatan Multimedia yang memungkinkan teks materi dilengkapi dengan visualisasi dan suara penulisnya E-book memiliki kelebihan diantaranya praktis mudah diakses dimanapun desain menarik dengan menggunakan gambar audio video dan animasi Pada penelitian ini peneliti menggunakan buku elektronik Pengembangan Media Foto yang ada hanya saja yang akan diteliti yaitu tingkat kemampuan kognitif setiap mahasiswa berkaitan dengan media yang akan di uji cobakan. Kemampuan kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa (Yuliani 2006). Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengungkap ada atau tidaknya pengaruh dari variable-variabel yang telah dipilih untuk dijadikan penelitian. Jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental yaitu penelitian yang mendekati eksperimen sungguhan. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest One Group Design. Populasi dari penelitian adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan offering A 2015 Universitas Negeri Malang. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar soal pretest dan posttest. Penelitian ini membandingkan perhitungan soal pretest dan posttest dengan analisis uji t. Hasil yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest 68.43 sehingga mahasiswa dikatakan kurang memenuhi batas rata-rata nilai yang ditentukan yakni 70.00. Pada hasil pretest diperoleh skor pretest terendah 30 dan skor pretest tertinggi 81. Hasil rata-rata nilai posttest 88 03 sehinggga dari nilai rata-rata nilai posttest mahasiswa dikatakan memenuhi batas rata-rata nilai yang ditentukan yakni 70.00. Pada hasil posttest diperoleh skor posttest terendah 61 dan skor posttest tertinggi 89. Terdapat perbedaan nilai yang sangat signifikan pada hasil nilai rata-rata posttest yaitu 88 03. Perbedaan tersebut disebabkan karena pengajar menggunakan pelengkap dalam menjelaskan materi pembelajaran yaitu menggunakan e-book. Pengaruh penggunaan electronic book dalam proses pembelajaran yang diberikan memiliki nilai hasil posttest yang lebih baik dan pada mahasiswa pada saat diterangkan menggunakan bantuan e-book dapat bertanya jawab langsung dengan pengajar setelah diterangkan mengenai materi mahasiswa diberikan e-book tersebut agar dapat belajar dengan lebih mudah karena e-book sendiri dapat disimpan di flashdisk ataupun handphone mahasiswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |