Pranata, Moh. Shofi (2019) Penerapan model inkuiri pada materi gaya untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar / Moh. Shofi Pranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Pranata Moh. Shofi. 2019. Penerapan Model Inkuiri Pada Materi Gaya Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Esti Untari S.Pd. M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci model inkuiri gaya literasi sains Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar ditemukan permasalahan dalam melaksanakan pembelajaran antara lain (1) kemampuan literasi sains siswa sulit berkembang. (2) kegiatan pembelajaran kurang menarik karena tidak menggunakan model pembelajaran maupun media pembelajaran. (3) aktifitas siswa dalam pembelajaran masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model inkuiri pada materi gaya serta peningkatan literasi sains siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Rancangan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Jenis data pada penelitin ini adalah data literasi sains siswa dan data proses pembelajaran. Analisis data penelitian meliputi 3 kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini diketahui bahwa model inkuiri dapat meningkatkan literasi sains siswa yang mencakup aspek proses konten dan konteks serta kemampuan guru dan siswa dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri. Ketuntasan literasi sains klasikal pada tahap pratindakan sebesar 8%. Hasil tersebut meningkat pada siklus I pertemuan I sampai siklus II pertemuan II karena menerapkan model pembelajaran inkuiri. Rata-rata siswa sebesar 55 57 (sangat rendah) dengan ketuntasan 13% (sangat rendah) meningkat menjadi 89 4 (baik) dengan persentase ketuntasan 100% (Sangat Baik). Kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri meningkat dari79 9% (cukup) menjadi 100% (sangat baik). Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran model inkuiri meningkat dari 80 1% (baik) menjadi 98 9% (sangat baik). Berdasarkan pencapaian siswa pada pertemuan terakhir maka pembelajaran menggunakan model inkuiri telah dikatakan tuntas karena siswa telah mencapai batas ketuntasan yaitu 75%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan dapat meningkatkan literasi sains siswa pada serta aktivitas guru dan siswa materi gaya kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar. Disarankan pada guru untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7036 |
Actions (login required)
View Item |