Implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN Polehan 5 Kota Malang / Etty Anggraini Oktarika - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN Polehan 5 Kota Malang / Etty Anggraini Oktarika

Oktarika, Etty Anggraini (2019) Implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN Polehan 5 Kota Malang / Etty Anggraini Oktarika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Oktarika Etty Anggraini. 2019. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kelas IV SDN Polehan 5 Kota Malang. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Drs. Imam Nawawi M.Si (2) Dra. Sukamti M.Pd Kata Kunci Nilai Utama PPK Pendidikan Karakter Pembelajaran Tematik. Kasus yang mengindasikan pada sepuluh tanda kehancuran bangsa bisa ditemui di berbagai tempat termasuk di lingkungan sekolah. Perilaku menyimpang yang sering dijumpai di lingkungan sekolah yaitu ketidakjujuran siswa saat meniru jawaban anak usia sekolah yang merusak dirinya dengan merokok penindasan pada siswa yang lemah atau inklusi serta penggunaan kata-kata kotor dan mengumpat. Pemerintah menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa perlu mewujudkan bangsa yang berbudaya dan menjunjung tinggi akhlak mulia nilai-nilai luhur dan berbudi pekerti melalui dicanangkannya pendidikan karakter yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. SDN Polehan 5 Kota Malang merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran tematik di kelas IV. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara guru observasi pelaksanaan pembelajaran dan dokumen RPP. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai utama PPK diintegrasikan melalui pembelajaran baik tahap perencanaan dan pelaksanaan. Nilai religius diintegrasikan dalam kegiatan berdoa mengucapkan salam dan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri. Nilai nasionalis ditunjukan dalam kegiatan bernyanyi lagu nasional lagu daerah dan melafalkan pancasila. Nilai mandiri diintegrasikan melalui kegiatan mengerjakan tugas mulai awal hingga akhir pembelajaran. Nilai integritas ditunjukan dalam kegiatan mengoreksi jawaban teman untuk melatih kejujuran. Nilai gotong royong diintegrasikan melalui kegiatan kelompok. Evaluasi pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan nilai utama PPK dilakukan oleh guru kelas melalui penilaian pengetahuan sikap dan keterampilan sesuai dengan rubrik penilaian yang tertulis dalam RPP. Upaya yang dapat dilakukan guru kelas untuk menindaklanjuti hasil evaluasi mengenai karakter yaitu dengan memberikan reward apabila siswa menunjukan karakter yang baik dan memberi teguran nasihat dan bimbingan kepada siswa yang menujukan karakter tidak baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item