Siswandini, Risma (2019) Analisis buku tematik siswa kelas IV semester II ditinjau dari pembelajaran berbasis budaya / Risma Siswandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Siswandini Risma.2019. Analisis Buku Tematik Ssiwa Kelas IV Semester II Ditinjau Dari Pembelajaran Berbasis Budaya. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutarno M.Pd. (II) Drs. M.Imron Rosyadi SY. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Budaya Buku Siswa Sekolah Dasar Pembelajaran Berbasis budaya memanfaatkan budaya sebagai alat dalam proses belajar. Melalui budaya dapat memotivasi siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan bekerja secara kooperatif dan mempersiapkan keterkaitan antar berbagai macam pelajaran. Pembelajaran berbasis budaya menjadi salah satu perwujudan dalam tahapan pengembangan pendidikan multikultural. Penyampaian materi mengenai pendidikan multikultural yang terwujud dalam pembelajaran berbasis budaya salah satunya dituangkan dalam buku ajar diantaranya buku tematik siswa kelas IV semester II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi yang memuat tentang budaya dan mendeskripsikan pembelajaran berbasis budaya dalam kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku tematik siswa kelas IV semester II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini yaitu buku tematik siswa kelas IV semester 2 yang terdiri dari 4 tema diantaranya Tema 6 Cita-citaku Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Tema 9 Kayanya Negeriku . Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data materi yang memuat tentang budaya dan kegiatan pembelajaran berbasis budaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku tematik siswa kelas IV semester II telah memuat materi tentang budaya yang berarti memuat aspek pembelajaran berbasis budaya belajar tentang budaya sedangkan kegiatan pembelajaran berbasis budaya belum termuat pada buku. Buku Tema 6 Cita-citaku diperoleh 9 materi yang memuat tentang budaya yang didominan muncul materi budaya tentang rumah adat dan suku bangsa. Buku Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku terdapat 11 materi yang memuat tentang budaya yang dominan muncul materi budaya tentang lagu daerah. Buku Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku terdapat 6 materi tentang budaya dan yang dominan muncul materi budaya cerita rakyat daerah. Buku Tema 9 Kayanya Negeriku hanya terdapat 2 materi tentang budaya yaitu alat musik tradisional dan lagu daerah. Penelitian ini memiliki saran untuk guru menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk membelajarkan budaya serta memperkaya materi tentang budaya Indonesia kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7014 |
Actions (login required)
View Item |