Emakulata, Monika (2019) Peningkatan hasil belajar PKn materi manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari melalui model role playing di kelas IV SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek / Monika Emakulata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Emakulata Monika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu dalam Kehidupan Sehari Hari Melalui Model Role Playing di Kelas IV SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci manfaat keberagaman karakteristik individu model role playing Hasil observasi dan wawancara pada pratindakan yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek manunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran PKn materi manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari masih rendah. Jumlah siswa yang tuntas hanya 11 siswa (39%) dengan nilai rata-rata 61 pada pratindakan. Rendahnya perolehan tersebut karena belum digunakan model pembelajaran yang inovatif pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa pasif belum memunculkan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran. Alternatif pemecahan masalah tersebut salah satunya adalah dengan menerapkan model role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing dan peningkatan hasil belajar melalui model role playing dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dengan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I 86 35% dengan kriteria keberhasilan baik meningkat ke siklus II menjadi 95.45% dengan kriteria keberhasilan sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I sebesar 85 5% dengan kriteria keberhasilan baik menjadi 91 15% dengan kriteria keberhasilan sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 69 5% dengan kriteria kurang meningkat pada siklus II menjadi 85 5% dengan kriteria baik. Penanaman karakter religius berupa sikap bersyukur dan toleransi juga sudah dilaksanakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi manfaat keberagaman karakteristik indidvidu dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SDN 1 Kerjo Kabupaten Trenggalek. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model role playing ini dalam pembelajaran mata pelajaran Pkn maupun mata pelajaran lainnya agar pembejaran dan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |