Farid, Adinda Nur Rohmah (2019) Peningkatan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SDN 2 Kedungsoko Kabupaten Tulungagung / Adinda Nur Rohmah Farid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Farid Adinda Nur Rohmah. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Volume Bangun Ruang melalui Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 2 Kedungsoko Kabupaten Tulungagung. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (II) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M. Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar kubus dan balok model teams games tournament (TGT). Hasil observasi di kelas V SDN 2 Kedungsoko Kabupaten Tulungagung pada saat pratindakan menunjukkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika masih rendah. Hal ini dibuktikan dari data hasil belajar siswa rata-rata kelas yaitu 64 5 dengan jumlah siswa yang tuntas 8 siswa (36%) dengan kriteria perlu bimbingan. Rendahnya perolehan tersebut karena pembelajaran hanya berpusat pada guru dan guru kurang mengembangkan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran TGT. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model TGT dalam meningkatkan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok melalui penerapan model TGT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 89 8% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 88 5% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 70 45% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 90 9% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya yaitu penerapan model TGT dapat dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan sangat baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok pada kelas V SDN 2 Kedungsoko kabupaten Tulungagung. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model TGT ini dalam pembelajaran mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran lainnya agar keterlaksanaan pembejaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6998 |
Actions (login required)
View Item |