Peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar / Umi Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar / Umi Fadhilah

Fadhilah, Umi (2019) Peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar / Umi Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fadhilah Umi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition pada Siswa Kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar ide pokok paragraf model CIRC Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar pada saat pratindakan menunjukkan hasil belajar siswa mata muatan Bahasa Indonesia masih rendah. Rendahnya perolehan tersebut karena guru tidak menjelaskan secara rinci materi pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk memahami isi bacaan sehingga siswa kesulitan menemukan ide pokok dalam bacaan dan pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik bagi siswa. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model CIRC untuk menemukan ide pokok paragraf (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui penerapan model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan pada setiap siklusnya yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar sebanyak 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model CIRC terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 88 5% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Sedangkan pada hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada siklus I sebesar 74% dan meningkat pada siklus II menjadi 94 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model CIRC dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa materi menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu diharapkan guru dapat menerapkan model CIRC ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran muatan bahasa Indonesia agar keterlaksanaan pembejaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6997

Actions (login required)

View Item View Item