Arifin, Mokhamad Yusuf (2019) Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan pembelajaran kelas V di SDN Kotalama 2 Malang / Mokhamad Yusuf Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Arifin M.Y. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Pembelajaran Kelas V di SDN Kotalama 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Pembelajaran IPA Model Siklus Belajar Model siklus belajar (learning cycle) adalah model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan melalui pengolahan pengetahuan awal dengan fakta atau pengalaman belajar. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran muatan IPA diperoleh fakta bahwa pembelajaran dilakukan dengan cara mengamati gambar membaca teks mengerjakan soal latihan di buku siswa. Siswa belum bertanya ketika diberi kesempatan bertanya dan guru belum memberi kesempatan melakukan praktik yang harusnya dilakukan agar semua siswa dapat mencoba. Berdasarkan telaah dokumen hasil belajar siswa pratindakan diperoleh fakta bahwa dari 24 siswa terdapat 10 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas. Rata-rata nilai hasil belajar siswa 62 75 dengan ketuntasan belajar klasikal 41 67%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model siklus belajar (learning cycle) (2) aktivitas belajar siswa saat diterapkan model siklus belajar (learning cycle) (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model siklus belajar (learning cycle). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas model kolaboratif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase penerapan model siklus belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 29 11%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 21 93. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata pratindakan ke siklus I sebesar 14 54 kemudian meningkat kembali pada siklus II sebesar 10 37. Selain itu persentase ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari pratindakan ke siklus I sebesar 29 22% kemudian meningkat kembali sebesar 18 7% pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan penerapan model siklus belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model siklus belajar yang menekankan pada aktivitas siswa baiknya guru dapat memanajemen kelas dan mengelola waktu dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6987 |
Actions (login required)
View Item |