Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati

Anggriawati, Avitaruna Dwi (2019) Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggriawati DwiAvitaruna. 2019. AnalisisKetrampilanMenggunakanKata PenghubungdalamKaranganNarasiSiswaKelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Taufiq M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Analisis kata penghubung karangannarasi Karangan narasi merupakankarangan yang didalamnyamenyampaikanataumenceritakanrangkaianperistiwaataupengalamanmanusia yang terjadidalamsuaturangkaianwaktu. Menuliskarangannarasiperlumemperhatikantatabahasa yang digunakan salahsatunya kata penghubung. Kata penghubungdibagimenjadi 2 macam yaitu kata penghubungkoordinatifdan kata penghubungsubordinatif. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenganalisisketrampilanmenggunakan kata penghubungmeliputi kata penghubungkoordinatifdan kata penghubungsubordinatifdalamkarangannarasisiswakelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif jenispenelitian yang digunakanyaitupenelitiandeskriptif yang bertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaan kata penghubungdalamkarangannarasi. Sumber data diperolehdarihasilkarangannarasisiswa.Teknikpengumpulan data yang digunakanyaitupemberiantes. Subyekpenelitianyaitusiswakelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang yang berjumlah 39 siswa. Ketrampilanmenggunakan kata penghubungsiswaditunjukkandenganjumlahkesalahan yang terdapatpadamasing-masingkategori kata penghubung. Terdapatjumlahkesalahanpenggunaan kata penghubungkoordinatifyaitusebanyak 194 kata penghubungdari 722 kata penghubungkoordinatif danjumlahkesalahandalampenggunaan kata penghubungsubordinatifyaitusebanyak 33 kata penghubungdari 356 kata penghubungsubordinatif yang ditemukanpada 34 hasilkarangannarasisiswa. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwatingkatketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubungsubordinatiflebihtinggidibandingkandengantingkatketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubungkoordinatif. Dari penelitianinibagikepalasekolahdiharapkandapatmenyediakanfasilitaspendukungdalampembelajaran. Bagi guru diharapkandapatmemperhatikanketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubung terusmengingatkan danmembimbingsiswabilasiswamelakukankesalahandalammenggunakan kata penghubung. Penelitiselanjutnyajugadiharapkandapatmenambahkanaspek yang akanditelitiuntukmengetahuiketrampilansiswadalammenggunakan kata penghubung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item