Kemampuan siswa dalam menemukan ciri-ciri dan amanat pada pantun kelas V SD se-gugus 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Vidy Puspita Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan siswa dalam menemukan ciri-ciri dan amanat pada pantun kelas V SD se-gugus 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Vidy Puspita Anggraeni

Anggraeni, Vidy Puspita (2019) Kemampuan siswa dalam menemukan ciri-ciri dan amanat pada pantun kelas V SD se-gugus 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Vidy Puspita Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Anggraeni Vidy Puspita. 2019. Kemampuan Siswa dalam Menemukan Ciri-Ciri dan Amanat pada Pantun Kelas V SD Se-Gugus 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S. Pd. M. Pd (II) Putri Mahanani M.Pd Kata Kunci Pantun Ciri-Ciri Pantun Amanat Pantun Sekolah Dasar Pantun merupakan puisi lama yang berisikan perumpamaan atau ibarat yang bertujuan untuk menyampaikan pesan. Ciri-ciri pantun yaitu tiap bait berjumlah 4 baris setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata bersajak ab ab baris pertama kedua disebut sampiran dan baris ketiga keempat disebut isi. Pantun juga mempunyai amanat yang terletak dibagian isi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa Kelas V SD se-gugus 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan sampiran pantun (2) mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan isi pantun (3) mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan jumlah baris pantun (4) mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan jumlah suku kata pantun (5) mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan sajak pantun (6) mendeskripsikan kemampuan siswa menemukan amanat pantun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes instrumen yang digunakan adalah soal tes dan analisis data dengan teknik statistik deskriptif yang dipresentasekan dalam angka kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian siswa yang mempunyai kemampuan menemukan sampiran pantun dengan kriteria baik 73 9% cukup 24 6% dan kurang 1 5%. Siswa yang mempunyai kemampuan menemukan isi pantun dengan kriteria baik 75 4% cukup 14 9% dan kurang 9 7%. Siswa yang mempunyai kemampuan menemukan jumlah baris dalam satu bait pantun dengan kriteria baik 86 6% cukup 12 7% dan kurang 0 7%. Siswa yang mempunyai kemampuan menemukan jumlah suku kata dalam satu baris pantun dengan kriteria baik 56 7% cukup 38 8% dan kurang 4 5%. Siswa yang mempunyai kemampuan menemukan sajak pantun dengan kriteria baik 40 3% cukup 14 9% dan kurang 44 8%. Siswa yang mempunyai kemampuan menemukan amanat pantun dengan kriteria baik sekali 4 5% baik 17 2% cukup 46 3% dan kurang 32 0%. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat saran yang ditujukan kepada beberapa pihak. Guru hendaknya memberikan lebih banyak latihan soal tentang materi pantun agar siswa dapat berlatih lebih banyak menemukan ciri-ciri dan amanat pantun. Bagi sekolah hendaknya memprogram pelatihan dan pembinaan guru terkait dengan pembelajaran bahasa Indonesia agar guru lebih terampil dalam memberikan materi khususnya materi pantun. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan yang lebih dalam tentang ciri-ciri dan amanat pada pantun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

View Item View Item