Analisis temuan kesalahan mekanik dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN se-gugus 3 Kedungkandang Kota Malang / Altri Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis temuan kesalahan mekanik dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN se-gugus 3 Kedungkandang Kota Malang / Altri Indah Sari

Sari, Altri Indah (2019) Analisis temuan kesalahan mekanik dalam karangan narasi pada siswa kelas V SDN se-gugus 3 Kedungkandang Kota Malang / Altri Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sari Altri Indah.2019. Analisis Temuan Kesalahan Mekanik dalam Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SDN Se-Gugus 3 Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd. (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Tanda Baca Huruf Kapital Kata Baku. Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi. Bahasa memiliki ragam salah satunya ragam tulisan yang melibatkan keterampilan berbahasa. Siswa harus menguasai keterampilan berbahasa yang terdiri dari keterampilan membaca menulis berbicara dan menyimak. Keterampilan bahasa penting dimiliki oleh siswa salah satunya saat siswa menggali pengetahuan melalui komunikasi tertulis atau suatu karangan. Karangan yang dibuat hendaknya memuat mekanik penulisan yang benar dan sesuai karena hal tersebut juga sudah diatur dalam Permendikbud No 50 Tahun 2015. Mekanik penulisan yang dimaksud meliputi ejaan yang terdiri dari tanda baca huruf kapital dan pemilihan kata yang meliputi penggunaan kata baku. Berdasakan hasil observasi dan wawancara di SDN Se-Gugus 3 Kedungkandang Kota Malang. Terdapat siswa yang masih belum mengetahui penggunaan mekanik penulisan yang terdiri dari tanda baca huruf kapital dan kata baku. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tingkat persentase temuan kesalahan tanda baca titik (.) tanda koma ( ) dan tanda petik ( ). (2) mengetahui tingkat persentase temuan kesalahan huruf kapital. (3) mengetahui tingkat persentase temuan kesalahan kata baku. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Peneliti menggambil sampel 30% dari seluruh populasi dan menerapkan sampel acak berstrata. Analisis yang digunakan pada penelitian dengan menggunakan rumus untuk mengetahui tingkat persentase kemampuan siswa kemudian dikatogorikan sesuai dengan tingkat persentase. Tingkat persentase temuan kesalahan tanda baca pada siswa kelas V adalah 39% dan teramasuk dalam kategori kurang. Sedangkan tingkat persentase temuan kesalahan huruf kapital pada siswa kelas V adalah 37% termasuk dalam kategori kurang. Tingkat persentase temuan kesalahan kata baku pada siswa kelas V adalah 32% termasuk dalam kategori kurang. Saran bagi peneliti selanjutkan untuk menerapkan suatu strategi agar dapat meningkatkan pemahaman mekanik penulisan terutama pada ejaan yang meliputi tanda baca serta huruf kapital dan kata baku. Saran bagi guru untuk memberi pembelajaran khusus mengenai mekanik penulisan terutama pada ejaan yang meliputi tanda baca serta huruf kapital dan kata baku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item