Dewi, Yuni Triana (2019) Pengembangan multimedia smart board pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV sekolah dasar / Yuni Triana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Dewi Yuni Triana. 2019. Pengembangan Multimedia Smart Board Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. (II) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Multimedia smart board keragaman Media pembelajaran sangat penting keberadaannya dalam kegiatan belajar. Selain untuk membantu guru dalam menyampaikan isi pembelajaran media juga dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia smart board untuk siswa kelas IV SD. Multimedia smart board diadaptasi dari media papan magnet. Multimedia ini dimodifikasi dengan memadukan gambar teks serta audio di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode reseach and development. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah modifikasi dari model Dick Carey dan Borg Gall. Subjek coba dalam penelitian ini meliputi ahli materi ahli media dan pengguna (guru dan siswa). Uji coba kepada siswa dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa kelas IV-A di SDN Bunulrejo 01 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan wawancara observasi dan angket. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menuunjukkan bahwa multimedia smart board ini layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi ahli media memperoleh presentase (93 3%) penilaian ahli materi memperoleh presentase (94 5 %). Hasil respon guru memperoleh presentase (94 9%). Hasil angket ketertarikan siswa memperoleh presentase (96 9%). Hasil uji coba lapangan pada 20 siswa kelas IV-A di SDN Bunulrejo 01 Malang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata presentase skor pre-test dan post-test. Pada pembelajaran 4 terjadi kenaikan 44% sedangkan pada pembelajaran 5 terjadi kenaikan rata-rata presentase sebesar 38%. Dapat diartikan bahwa multimedia smart board sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Namun sebaiknya diberikan jarak waktu dalam penggunaannya agar siswa tidak bosan ketika menggunakan multimedia smart board. Multimedia ini dapat dapat diproduksi secara massal. Libatkan evaluator idependen untuk pengambilan keputusan sehingga multimedia ini dapat di produksi secara massal dan digunakan di lapangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6973 |
Actions (login required)
View Item |