Analisis kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai karakter pada fabel kelas IV SDN Mergosono I Kota Malang / Radhitya Ananta Harisyahputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai karakter pada fabel kelas IV SDN Mergosono I Kota Malang / Radhitya Ananta Harisyahputra

Harisyahputra, Radhitya Ananta (2019) Analisis kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai karakter pada fabel kelas IV SDN Mergosono I Kota Malang / Radhitya Ananta Harisyahputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Harisyahputra Ananta Radhitya. 2019. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menemukan Nilai-nilai Karakter Pada Fabel Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si. (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Nilai-nilai Karakter Fabel Karakter merupakan istilah yang merujuk pada suatu watak atau budi pekerti yang dapat menjadi penentu kualitas kehidupan suatu bangsa. Karakter bangsa yang berkualitas dapat diwujudkan melalui pendidikan. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa dan Sastra dipandang dapat menjadi suatu wadah yang tepat untuk membentuk suatu karakter pada anak karena dalam bahasa terdapat berbagai macam jenis ilmu pengetahuan komunikatif yang dapat memberikan wawasan kepada anak-anak untuk membina karakternya. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan walikelas IVA SDN Mergosono I Kota Malang menunjukkan bahwa karakter anak di SD tersebut rata-rata masih menunjukan perilaku yang kurang baik. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai karakter pada fabel dan kemampuan siswa dalam memaknai nilai-nilai karakter yang ditemukan siswa pada cerita fabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif-naratif. Penelitian ini mengambil subjek penelitian dua kelas dengan jumlah 66 siswa. Analisis data pada penelitian ini dengan cara menjabarkan nilai-nilai karakter yang ditemukan dan dimaknai siswa kelas IV SDN Mergosono I Kota Malang dari soal tes yang telah dibagikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dari jumlah 66 siswa terdapat 38 siswa mampu menemukan 4 sampai 5 nilai-nilai karakter pada cerita fabel dan 28 siswa mampu menemukan 1 sampai 3 nilai-nilai karakter pada cerita fabel serta terdapat 24 siswa mampu memaknai tiga sub nilai-nilai karakter dalam fabel sebanyak 41 siswa mampu memaknai 1 sampai 2 sub nilai-nilai karakter pada fabel dan sebanyak 1 siswa tidak dapat memaknai sub nilai-nilai karakter pada cerita fabel. Kemampuan siswa SDN Mergosono I Kota Malang dalam menemukan nilai-nilai karakter pada fabel termasuk ke dalam kategori mampu. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan persentase hasil kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai karakter pada fabel yakni dari 66 siswa menunjukkan 58% Mampu 42% Kurang Mampu dan 0% Tidak Mampu. Sedangkan kemampuan siswa dalam memaknai nilai-nilai karakter yang ditemukan pada cerita fabel masih tergolong dalam kategori kurang mampu. Hal ini dapat dibuktikan melalui persentase hasil kemampuan siswa dalam memaknai nilai-nilai karakter yang ditemukan pada cerita fabel yaitu dari 66 siswa menunjukkan 37% Mampu 62% Kurang Mampu dan 1% Tidak Mampu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item