Faqih, Ahmad Anas (2017) Studi kasus penerapan metode pembelajaran aktif (active learning) pada mata pelajaran fikih kelas VI di MI Unggul Assa'diyah Kabupaten Lamongan / Ahmad Anas Faqih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Faqih Ahmad Anas. 2017. StudiKasusPenerapanMetodePembelajaranAktif (Active Learning) Pada Mata PelajaranFikihKelas VI Di MI SwastaKabupatenLamongan. Skripsi. JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd. (II) Dr. AgusWedi M.Pd. Kata Kunci Metode Active Learning Fikih. Mata pelajaran Fikih sebagai salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada peserta didik demi mendukung kemampuan seseorang dalam hal hukum islam. Ditinjau dari aspek metodologis proses pendidikan agama Islam diantaranya pembelajaran fikih yang berlangsung hingga sekarang masih banyak top down dan membawakan kebenaran agama dari atas sehingga kurang menghiraukan kenyataan-kenyataan yang unit dan melibatkan dengan kebutuhan keseharian Sehingga terasa membosankan dan kurang menantang.MI Unggul Assa diyah Lamongan adalah salah satu Madrasah Ibtidaiyah swasta yang berada di kabupaten Lamongan. MI Unggul Assa diyah Lamongan merupakan madrasah swasta yang sedang berkembang dan mampu bersaing dengan Madrasah ibtidiyah Negeri maupun Sekolah Dasar Negeri. Belajar aktifatau active learning merupakan langkah cepat menyenangkan mendukung dan secara pribadimenarik hati dimana para siswa dapat mengajukan pertanyaan tentangpelajaran tertentu dan mendiskusikannya dengan guru dan teman.Dari beberapa keaktifan yang ada sehingga peneliti tertarik untuk menghubungkan proses keaktifan yang dilakukan di kelas VI dengan konsep atau teori tentang belajar aktif. Apakah sudah sesuai dengan prinsip dan kriteria pembelajaran aktif karena masih terdapat siswa yang tidak begitu mengikuti pembelajaran ini. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiimplementasimetodepembelajaranfikihberbasis Active learning danuntukmengetahuiefektifitasnyaterhadapsiswa di MI Unggul Assa diyah Lamongan. Pendekatandanjenispenelitian yang digunakanpadapenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif. Kemudianuntukmelaksanakanpenelitiankualitatifdenganmenggunakandesainstudikasusinipenelitihanyamemfokuskanpadasatufenomenasaja yang dipilihdaningindipahamisecaramendalam denganmengabaikanfenomena-fenomenalainnya. Dan penelitianinihanyamenggambarkansuatukondisiapaadanyatanpamemberikanperlakuan manipulasiataupengubahanpadavariabel-variabelbebas.Dalamhalinifenomena yang akanditelitiadalahpenerapanmetodeactive learningdalampembelajaranFikihterkaitperencanaan pelaksanaan kendala danevaluasinya. Metode pembelajaran aktif adalah hal yang baru di sekolah ini . Hal ini menyebabkan sekolah harus melakukan banyak penyesuaian-penyesuaian dilapangan mengingat MI Unggul Assa diyah masih perlu terus mengeksplor kualitas untuk mendapat satu kebijakan ideal demi tercapainya tujuan awal dibangunnya sekolah tersebut. Oleh karena itu meskipun guru tidak selalu menerapkan secara penuh metode pembelajaran aktif disetiap pertemuan namun guru melakukan tahap eksplorasi dengan baik yaitu dengan melakukan interaksi dengan siswa untuk mengeksplorasi materi sehingga siswa bisa lebih mudah memahami makna dan hikmah dari materi fikih yang dipelajari. Hal tersebut justru bisa jadi lebih baik mengingat pelajaran fikih tidak cukup ideal jika hanya dihafal karena itu hanya menyentuh tujuan materi pembelajaran yang mendasar saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |