Suryaningrum, Putri Rafsanjani (2018) Pengoptimalan penggunaan perpustakaan sekolah di Sekolah Dasar Negeri Arjowilangun 07 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Putri Rafsanjani Suryaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Suryaningrum Putri Rafsanjani. 2016. Pengoptimalan Penggunaan Perpustakaan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Arjowilangun 07 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang Pembimbing 1) Dra. Abdul Huda M.Pd. 2) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd. Kata kunci pengoptimalan penggunaan perpustakaan perpustakaan sekolah. Pendidikan merupakan indikator penting dalam perkembangan suatu bangsa. Agar penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan secara optimal maka sarana dan prasarana di sekolah harus terpenuhi. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar karena perpustakaan sekolah merupakan salah satu pusat sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran umum perpustakaan SDN Arjowilangun 07 2) mengetahui sumber belajar yang tersedia di SDN Arjowilangun 07 dan 3) mengetahui pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Arjowilangun 07. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dokumentasi dan observasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data (reduction data) penyajian data (display data) dan verifikasi data (conclution drawing). Sedangkan untuk menjaga keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa 1) perpustakaan SDN Arjowilangun 07memiliki tujuan sarana dan prasarana struktur organisasi program dan pendanaan dan pelayanan sirkulasi 2) sumber-sumber belajar yang tersedia bagi siswa di SDN Arjowilangun 07yaitu a) sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) terdiri dari perpustakaan sekolah media pembelajaran dan guru dan b) sumber belajar yang tidak dirancang (learning resources by utilization) terdiri dari lingkungan sekitar sekolah sesama teman dan pengalaman siswa 3) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa SDN Arjowilangun 07yaitu a) sebagai sarana untuk melatih siswa belajar mandiri b) siswa dapat menyelesaikan tugas-tugasnya menggunakan bahan pustaka yang tersedia c) sebagai sarana untuk menanamkan kebiasaan membaca d) sebagai sarana untuk membiasakan siswa bertanggungjawab dan disiplin dan e) siswa dapat memperoleh informasi tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6941 |
Actions (login required)
View Item |