Mitasari, Desi Ratna (2017) Pengembangan aplikasi edukasi berbasis android materi struktur jaringan daun untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung / Desi Ratna Mitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mitasari Desi Ratna. 2017. Pengembangan Aplikasi Edukasi berbasis Android Materi Struktur Jaringan Daun untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci pengembangan aplikasi edukasi berbasis android struktur jaringan daun Struktur Jaringan Daun merupakan salah satu bagian dari materi struktur jaringan tumbuhan yang terdapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII. Materi ini merupakan materi penting dalam pelajaran IPA. Struktur jaringan daun merupakan salah satu meteri yang sulit dipelajari karena terdapat banyak materi pembahasan dan pengenalan istilah-istilah asing yang jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Media yang dikembangkan oleh orang lain sebelumnya mengenai struktur jaringan daun berupa E-Learning Enklopedia Puzzle dan multimedia interaktif. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini mengandung berbagai kombinasi media yaitu teks dilengkapi gambar digunakan untuk mengatasi karekteristik belajar siswa secara visual animasi dan video mengatasi karekteristik belajar siswa secara audio visual simulasi praktikum mengatasi karekteristik belajar siswa kinestetik. Kombinasi unsur media ini digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran untuk itu pengembang ingin memanfaatkan aplikasi edukasi berbasis android dengan materi struktur jaringan daun karena sifatnya portable. Tujuan penelitian pengembangan ini yakni untuk menghasilkan produk aplikasi media pembelajaran berbasis android yang layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan dari model Lee dan Owens. Langkah-langkah pengembangan meliputi (1) Tahap Analisis (2) Tahap Desain (3) Tahap Pengembangan (4) Tahap Implementasi dan (5) Tahap Evauasi. Uji coba produk pada penelitian ini meliputi desain uji coba dan subjek coba. Subjek coba dalam penelitian validasi produk yaitu ahli media ahli materi dan audiens atau siswa kelas VIII SMP kelas VIII atau yang mengikuti mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Uji coba audiens meliputi uji coba individu kelompok kecil dan kelas sebenarnya. Pengumpulan data didapatkan dari angket observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Hasil pengembangan aplikasi edukasi berbasis android ini memenuhi kriteria valid yakni dari ahli media 90% ahli materi 88 34% uji coba perseorangan/individu 92 5% uji coba kelompok kecil 95 95% dan uji coba kelompok besar 94 61%. Selain itu terdapat isi-isi perbaikan. Pertama perbaikan yang diperoleh dari ahli media adalah perbaikan penambahan daftar rujukan backsound buat lebih ceria animasi usahakan tidak mengganggu teks. Kedua perbaikan dari ahli materi satu adalah perbaikan kata penghubung peta konsep istilah di tebalkan beri contoh nama tumbuhan. Ketiga perbaikan dari ahli materi kedua materi untuk disesuaikan dengan istilah yang tepat. Keempat untuk perbaikan dari audiens secara keseluruhan diperoleh hasil yang bagus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian produk aplikasi edukasi berbasis android materi struktur jaringan daun yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/694 |
Actions (login required)
View Item |