Pendidikan karakter anak di keluarga buruh pabrik rokok GL di Desa Pandan Landung Wagir Malang / Dwiky Kurnia Ardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter anak di keluarga buruh pabrik rokok GL di Desa Pandan Landung Wagir Malang / Dwiky Kurnia Ardhani

Ardhani, Dwiky Kurnia (2019) Pendidikan karakter anak di keluarga buruh pabrik rokok GL di Desa Pandan Landung Wagir Malang / Dwiky Kurnia Ardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia Ardhani Dwiky. 2015. Pendidikan Karakter Anak di Keluarga Buruh Pabrik Rokok GL (Studi Kasus di Desa Pandan Landung Kecamatan Wagir Kabupaten Malang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Djauzi Moedzakir M. A (2) Drs. H. Nurhadi M.Pd Kata Kunci Pendidikan Karakter Keluarga Buruh Pabrik Pendidikan Pendidikan karakter sangat penting bagi anak usia dini terutama untuk mempersiapkan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Pihak pertama yang memberikan pendidikan karakter kepada anak adalah keluarga. Oleh karena itu keluarga adalah wadah yang sangat penting bagi individu dan merupakan kelompok sosial pertama di mana anak-anak menjadi anggotanya. Desa Pandan Landung merupakan desa yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai buruh pabrik rokok. Mereka merupakan lapisan masyarakat ekonomi bawah. Peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana orang tua di kalangan masyarakat tersebut memberikan pendidikan karakter kepada anak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) nilai-nilai Pendidikan Karakter pada anak buruh pabrik rokok GL (2) cara orang tua buruh pabrik menanamkan pendidikan karakter pada anak (3) respon anak terhadap pendidikan karakter yang diberikan orang tua buruh pabrik rokok. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Nilai nilai Pendidikan Karakter merupakan nilai dasar yang sangat penting untuk bekal anak untuk dapat hidup di dalam masyarakat. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak buruh pabrik rokok GL yaitu pendidikan karakter berbasis religius pendidikan karakter berbasis budaya dan pendidikan karakter berbasis lingkungan. (2) Cara orang tua dalam memberikan pendidikan karakter pada anak yaitu dengan memberi contoh membiasakan menjadi teladan dan perintah. Hubungan orang tua dengan anak ditentukan oleh sikap perasaan dan keinginannya terhadap anak. Hal ini berhubungan dengan cara orang tua mendidik anak dengan pola asuh otoriter demokratis dan permisif. (3) Respon anak terhadap pendidikan karekter yang diterapkan adalah anak akan mengamati meniru memperhatikan apa yang dikatakan dilakukan dan diperbuat oleh orang tua atau pun lingkungan. Anak menerima menyerap dan menampilkan dalam perilakunya sehari-hari. Dalam hal ini proses internalisasi nilai dan norma dilakukan oleh orang tua dan lingkungannya secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69349

Actions (login required)

View Item View Item