Implementasi kompetensi widyaiswara dalam pelatihan di BBPP Batu / Binti Isti'towatul Isti'aroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kompetensi widyaiswara dalam pelatihan di BBPP Batu / Binti Isti'towatul Isti'aroh

Isti'aroh, Binti Isti'towatul (2019) Implementasi kompetensi widyaiswara dalam pelatihan di BBPP Batu / Binti Isti'towatul Isti'aroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Isti aroh Binti Isti towatul. 2019. Implementasi Kompetensi Widyaiswara Dalam Pelatihan Di BBPP Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Progam S1 Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Zulkarnain Nasution M.Pd M.S (2) Dr. Endang Sri Redjeki M.S Kata Kunci Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Widyaiswara Tenaga Kependidikan. Pelatihan merupakan salah satu kajian pendidikan luar sekolah yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik untuk pemerintahan lembaga swasta maupun masyarakat. Kompetensi merupakan kemahiran dalam segala tanggung jawab yang melekat pada diri pengajar dalam menjalankan tugas untuk mencapai keberhasilan dengan tujuan yang telah ditetapkan. Standar kompetensi widyaiswara terdiri atas kompetensi pengelolaan pembelajaran kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi substantif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi kompetensi pengelolaan pembelajaran yang dimiliki oleh widyaiswara (2) implementasi kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh widyaiwara (3) implementasi kompetensi sosial yang dimiliki oleh widyaiswara dan (4) implementasi kompetensi substantif yang dimiliki oleh widyaiswara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan penyebaran angket. Sampel dalam penelitian ini adalah widyaiswara BBPP Batu sebanyak 17 orang. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase keberhasilan kompetensi pengelolaan pembelajaran mencapai kategori sangat tinggi yaitu sebesar 85% (2) persentase keberhasilan kompetensi kepribadian mencapai kategori sangat baik yaitu sebesar 85% (3) persentase keberhasilan kompetensi sosial mencapai kategori sangat baik yaitu sebesar 90% dan (4) persentase keberhasilan kompetensi substantif mencapai kategori sangat baik yaitu sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian di atas saran dari peneliti sebagai berikut untuk kepala pusat BBPP Batu diharapkan terus memantau tingkat kompetensi yang dimiliki masing-masing widyaiswara di BBPP Batu sehingga kompetensi widyaiswara bisa terus meningkat karena kompetensi yang dimiliki widyaiswara sangat berpengaruh dengan hasil belajar dan prestasi peserta pelatihan. Bagi widyaiswara untuk terus meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam dunia pendidikan membekali diri dengan berbagai program peningkatan pendidikan seperti pelatihan dan seminar yang bermanfaat untuk menambah wawasan di dunia pendidikan. Selain itu sebaiknya widyaiswara membentuk tim diskusi yang membahas setiap perkembangan dari dunia pendidikan pemahaman kembali vi elemen-elemen penyusun setiap kompetensi yang harus dimiliki dengan kriteria baik serta berlatih kembali dalam kepenulisan rubrik atau artikel ilmiah untuk menggencarkan publikasi di media masa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/69335

Actions (login required)

View Item View Item