Pengembangan komplemen augmented reality video pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malang / Fajar Pratomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komplemen augmented reality video pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malang / Fajar Pratomo

Pratomo, Fajar (2017) Pengembangan komplemen augmented reality video pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malang / Fajar Pratomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratomo Fajar.2017. Pengembangan Komplemen Augmented Reality Video pada Modul Pembelajaran Fotografi untuk Siswa Kelas 11 SMKN 12 Malang. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata kunci Pengembangan Komplemen Augmented Reality Video Fotografi Terbatasnya waktu pembelajaran dan alat yang disediakan oleh sekolah menjadi alasan utama yang membuat praktek pada mata pelajaran fotografi kurang maksimal. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut dan membantu siswa untuk memvisualisasikan apa yang ada di modul pembelajaran fotografi yaitu dengan menggunakan video berteknologikan Augmented Reality sebagai komplemen dari modul tersebut. Video berteknologikan Augmented Reality atau bisa juga disebut Augmented Reality Video ini membantu siswa agar bisa belajar secara individual dikelas maupun dirumah dengan bantuan smartphone. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dari penggabungan teknologi cetak dan komputer yang diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality dengan menampilkan video demonstrasi pada modul pembelajaran fotografi dan menghasilkan produk Augmented Reality video pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malang yang valid dan layak digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Lee dan Owens (2004). Penggunaan model ini didasari alasan bahwa model pengembangan ini memiliki langkah yang lengkap. Pada model ini terdapat beberapa tahap yaitu (1) tahap analisis (2) tahap desain (3) tahap pengembangan (4) tahap implementasi (5) tahap evaluasi. Hasil pengembangan media ini telah diuji cobakan dengan hasil ahli media 95% dinyatakan valid ahli materi 93 75% dinyatakan valid dan hasil uji coba pada 28 siswa 85 76% dinyatakan valid. Dengan demikian media augmented reality video pada modul pembelajaran fotografi untuk siswa kelas 11 SMKN 12 Malang ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kekurangan media ini adalah materi yang kurang lengkap karena dalam produk ini hanya terdapat materi dasar tentang pengoperasian kamera. Saran pemanfaatan media antara lain guru perlu mendampingi siswa ketika mengoperasikan media ini agar siswa tidak bermain dengan smartphone. Siswa diharapkan mengikuti dan membaca petunjuk penggunaan yang ada dalam media pembelajaran dengan seksama. Bagi pengembang selanjutnya kembangkan topik pembahasan agar menjadi luas dan lengkap selain melengkapi materi tentang fotografi. Dalam mengembangkan produk hendaknya meningkatkan kualitas video dan kejelasan suara narator pada video agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh media tersebut. Penambahan konten pada produk ini juga sangat dianjurkan seperti konten animasi 2 dimensi atau 3 dimensi agar media lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item