Pemanfaatan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Isi Bacaan di Kelas II SDN Sawojajar 6 Kota Malang / Riska Ainun Indarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Isi Bacaan di Kelas II SDN Sawojajar 6 Kota Malang / Riska Ainun Indarwati

Indarwati, Riska Ainun (2018) Pemanfaatan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Isi Bacaan di Kelas II SDN Sawojajar 6 Kota Malang / Riska Ainun Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indarwati Riska Ainun. 2017. Pemanfaatan Media Konkrit Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Isi Bacaan di Kelas II SDN Sawojajar 6 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A. Rahman S.Pd. M.Pd (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci Pemahaman isi bacaan Media konkrit Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Sawojajar 6 kelas II difokuskan pada pemahaman isi bacaan. Membaca Pemaham Literal adalah jenis kemampuan membaca dasar yang dimaksutkan pembaca hanya menenal dan menangkap isi bacaan sesuai denga isi yang tertera secara tersurat (eksplinsit). Keterampilan yang di kembangkan dalam membaca pemahaman dasar dalam penelitian ini yaitu (1) Memahami kata dan maknanya (2) Memahami setiap kalimat pada teks bacaan (3) Mengurutkan unsur urutan pada teks bacaan (4) Menemukan dan menuliskan kembali informasi yang tertulis secara eksplinsit (tersurat). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan pembelajaran dengan pemanfaatan Media Konkrit agar dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas II SDN Sawojajar 6 Kota Malang (2) Peningkatan pemahaman isi bacaan dengan memanfaatkan media Konkrit pada siswa kelas II SDN Sawojajar 6 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif prosedur penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif kualitatif. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian maka rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap praktik pembelajaran di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar dengan melakukan tindakan tertentu. Hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan hasil yang diperoleh yaitu keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru keterlaksanaan aktivitas siswa dan hasil dari tes tulis untuk mengukur pemahaman isi bacaan dengan menuliskan laporan sederhaa. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pemanfaatan media konkrit dapat meningkatkan pemahaman pada isi bacaan dan menarik minat siswa untuk membaca sehingga disarankan dalam pembelajaran kusunya pada membaca guru lebih memperhatikan media yang dapat mendukung pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item