Peningkatan hasil belajar IPA materi Gaya melalui model discovery learning pada siswa kelas IV di SDN Srikaton 02 Kabupaten Tulungagung / Prithwi Igawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA materi Gaya melalui model discovery learning pada siswa kelas IV di SDN Srikaton 02 Kabupaten Tulungagung / Prithwi Igawati

Igawati, Prithwi (2018) Peningkatan hasil belajar IPA materi Gaya melalui model discovery learning pada siswa kelas IV di SDN Srikaton 02 Kabupaten Tulungagung / Prithwi Igawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Igawati Prithwi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IV di SDN Srikaton 02 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci hasil belajar gaya model discovery learning Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SDN Srikaton 02 Kabupaten Tulungagung pada tanggal 22 November 2017 diketahui bahwa dari 28 siswa hanya 12 anak (43%) yang mendapat nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). KKM yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran IPA adalah 70. Hal ini disebabkan karena siswa belum memahami materi dengan baik dan tidak melakukan kegiatan penemuan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning pada materi gaya di kelas IV SD dan (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi gaya di kelas IV SD melalui model discovery learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi tes dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru dan siswa meningkat. Persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 69% (cukup) meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 74% (baik) meningkat menjadi 95% (sangat baik) pada siklus II. Penerapan model discovery learning juga meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan belajar aspek pengetahuan meningkat dari 43% (sangat kurang) menjadi 93% (sangat baik). Persentase ketuntasan keterampilan melakukan percobaan meningkat dari 46% (sangat kurang) menjadi 96% (sangat baik) sedangkan persentase ketuntasan keterampilan berkomunikasi dari 43% (sangat kurang) meningkat menjadi 89% (baik). Persentase ketuntasan sikap bertanggung jawab meningkat dari 61% (kurang) menjadi 93% (sangat baik) sedangkan sikap percaya diri meningkat dari 36% (sangat kurang) menjadi 82% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada materi gaya dapat diterapkan dengan sangat baik oleh guru dan siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan keterampilan dan sikap. Berdasarkan kesimpulan dapat disarankan agar guru (1) melakukan persiapan secara matang sesuai dengan langkah persiapan (2) menerapkan model discovery learning sesuai dengan sintasks (3) mengkondisikan kelas dengan baik dan (4) bersikap tegas pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6909

Actions (login required)

View Item View Item