Dewiastuti, Tri Mulia (2018) Peningkatan hasil belajar IPS tentang perjuangan melawan penjajah melalui model presenting and explaining pada siswa kelas V SDN Karangpatihan 2 Kabupaten Ponorogo / Tri Mulia Dewiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewiastuti Tri Mulia. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Perjuangan Melawan Penjajah melalui Model Presenting and Explaining pada Siswa Kelas V SDN Karangpatihan 2 Kabupaten Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd. (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci model presenting and explaining pembelajaran ips sd Model Presenting and Explaining merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran IPS di Kelas V diperoleh fakta bahwa aktivitas siswa terbatas pada mendengar dan mengerjakan tugas dan aktivitas guru terbatas pada menjelaskan apa yang ada di buku tanpa menggunakan media yang semestinya. Pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dan tanpa adanya media pembelajaran mengakibatkan nilai rata-rata hasil belajar di bawah KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 70. Dari 17 siswa yang sudah memenuhi KKM sebanyak 7 siswa (41 18%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 65 9. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS dengan model Presenting and Explaining pada siswa Kelas V SDN Karangpatihan 2 Ponorogo dan mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangpatihan 2 Ponorogo setelah penerapan model pembelajaran Presenting and Explaining. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa (9 laki-laki dan 8 perempuan). Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Analisis data secara kualitatif dilakukan dengan tahap pemaparan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Presenting and Explaining pada pembelajaran IPS di kelas V dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan (1) penerapan model Presenting and Explaining oleh guru pada siklus 1 yaitu 81 25 dan pada siklus 2 rata-ratanya meningkat menjadi 93 75 (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 70 71 meningkat menjadi 82 20 pada siklus II dan hasil belajar siswa secara klasikal pada pratindakan memperoleh rata-rata 65 9 pada siklus I memperoleh rata-rata 73 65dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu rata-rata 89 05. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Presenting and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Karangpatihan 2 Ponorogo. Untuk itu disarankan agar model Presenting and Explaining ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran IPS sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6877 |
Actions (login required)
View Item |