Analisis kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan kata baku pada karangan narasi kelas V SD se-gugus 02 Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi / Dyah Yoga Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan kata baku pada karangan narasi kelas V SD se-gugus 02 Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi / Dyah Yoga Larasati

Larasati, Dyah Yoga (2018) Analisis kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan kata baku pada karangan narasi kelas V SD se-gugus 02 Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi / Dyah Yoga Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati Dyah Yoga. 2018. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menemukan Kesalahan Penulisan Kata Baku Pada Karangan Narasi Kelas V SD Se-Gugus 02 Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sjafruddin A. Rahman S.Pd M.Pd (II) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Analisis kemampuan kesalahan penulisan kata baku karangan narasi Indonesia mempunyai bahasa baku yang menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Salah satu wujud penggunaan bahasa baku yaitu dengan menggunakan kata baku yang sesuai dengan kaidah PEUBI. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 6 Januari 2018 di kelas V SDN Warukkalong II Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi dari 11 siswa hanya 4 siswa yang menulis karangan menggunakan kata baku dengan benar. Kesalahan yang ditemukan diantaranya banyak terdapat dalam hal mengganti huruf vokal mengganti huruf konsonan dan menghilangkan tanda hubung. Menurut Arifah dan Nur (2016) terdapat 12 faktor yang menyebabkan kata menjadi tidak baku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menemukan kesalahan penulisan kata baku khususnya dalam aspek mengganti huruf vokal mengganti huruf konsonan dan ejaan yang tidak benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui langkah-langkah sebagai berikut (1) observasi awal (2) tes tertulis (3) wawancara (4) pengolahan data dan analisis data dan (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata baku dalam aspek mengganti huruf vokal berjumlah 565 dengan persentase 88 28% sedangkan jumlah kesalahan yang tidak ditemukan sebanyak 75 dengan persentase 11 72% (2) kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata baku dalam aspek mengganti huruf konsonan berjumlah 324 dengan persentase 63 28% sedangkan jumlah kesalahan yang tidak ditemukan sebanyak 188 dengan persentase 36 72% (3) kemampuan menemukan kesalahan penulisan kata baku dalam aspek ejaan yang tidak benar berjumlah 533 dengan persentase 83 28% sedangkan jumlah kesalahan yang tidak ditemukan sebanyak 107 dengan persentase 20 08%. Secara keseluruhan kemampuan siswa kelas V SD Se-Gugus 02 Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi dalam menemukan kesalahan kata baku tergolong baik dengan jumlah 1422 dengan persentase 79 35% sedangkanjumlah kesalahan yang tidak ditemukan sebanyak 370 dengan persentase 20 65%. Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan agar guru dapat memberikan pembelajaran lebih pada penguasaan materi tentang kata baku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item View Item