Analisis Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus II Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan / Erwin Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus II Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan / Erwin Mardiana

Mardiana, Erwin (2018) Analisis Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus II Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan / Erwin Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana Erwin. 2018. Analisis Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus II Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata kunci Analisis Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Cerita Fabel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali secara tertulis menggunakan cerita fabel sebagai acuan cerita yang dibacanya. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menceritakan kembali yang dilihat dari 10 aspek yakni (1) Kesesuaian judul (2) Tokoh-tokoh cerita (3) Lattar/setting cerita (4) Inti cerita (5) Alur cerita (6) Kesesuaian tema (7) Keseluruhan cerita (8) Penggunaan bahasa sendiri (9) Pesan moral cerita dan (10) Kesesuaian jumlah paragraf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Tahap-tahap penelitian berupa tahap pralapangan dan tahap pekerjaan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan distribusi kemampuan menceritakan kembali secara tertulis cerita fabel antara lain sebanyak 68 4% (65 siswa) tergolong kategori sangat baik 29 5% (28 siswa) tergolong kategori baik 1 05% (1 siswa) tergolong kategori cukup dan 1 05% (1siswa) tergolong kategori kurang. Aspek judul nilai rata-rata 99. Aspek tokoh cerita nilai rata-rata 90 75. Aspek latar/setting 83 75. Aspek inti cerita nilai rata-rata 86. Aspek alur cerita nilai rata-rata 74. Aspek tema nilai rata-rata 99 2. Aspek keseluruhan cerita 73 75. Aspek penggunaan bahasa sendiri nilai rata-rata 100. Aspek pesan moral nilai rata-rata 55 75 dan aspek jumlah paragraf nilai rata-rata 88. Kemampuan siswa kelas IV SDN Se-Gugus II Kecamatan Kebonagung dalam menceritakan kembali secara tertulis tergolong sangat baik (85-100) karena dilihat dari nilai rata-rata yakni 85 5. Kesulitan yang masih dihadapi siswa dalam menceritakan kembali secara tertulis dilihat dari aspek yang tergolong baik (70-84) (1) Aspek latar/setting dengan nilai rata-rata 83 5. (2) Alur cerita dengan nilai rata-rata 74 dan (3) Keseluruhan cerita dengan nilai rata-rata 73 75. Aspek yang tergolong kurang (0-59) yakni aspek pesan moral dengan rata-rata nilai 55 75. Untuk meminimalisir kekurangan dari masing-masing aspek perlu menggunakan berbagai cara (1) Memilih buku cerita yang menarik (2) Metode pembelajaran bisa dilakukan dengan diskusi kelompok (3) Media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menceritakan kembali sebuah cerita (4) Bekerjasama dengan orang tua agar siswa bisa belajar tidak hanya disekolah namun juga di lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item