Yuwono, Novia Ramadhani (2018) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok melalui Model Experiental Learning pada Siswa Kelas V SDN Babadan 02 Kabupaten Blitar / Novia Ramadhani Yuwono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Yuwono Novia Ramadhani. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok melalui Model Experiental Learning pada Siswa Kelas V SDN Babadan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kubus dan balok model experiental learning Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Babadan 02 Kabupaten Blitar pada saat pratindakan menunjukkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika masih rendah. Hal ini dibuktikan dari data hasil belajar siswa rata-rata kelas yaitu 53 dengan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa (35%). Rendahnya perolehan tersebut karena model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik siswa maupun mata pelajarannya sehingga siswa kurang memahami materi yang dipelajari dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran experiental learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model experiental learning dalam meningkatkan hasil belajar materi volume bangun ruang kubus dan balok (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok melalui penerapan model experiental learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 17 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 82% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 94.5% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 76% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 67% dengan kriteria keberhasilan kurang. Pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kriteria keberhasilan baik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiental learning dapat dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan sangat baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang kubus dan balok pada kelas V SDN Babadan 02 Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model experiental learning ini dalam pembelajaran mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran lainnya agar keterlaksanaan pembejaran dan hasil belajar siswa bisa lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6852 |
Actions (login required)
View Item |