Rachmawati, Idha (2018) Analisis kemampuan pemenggalan kata dasar berimbuhan pada teks laporan siswa kelas III SDN Gadang 1 Kota Malang / Idha Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rachmawati Idha. 2018. Analisis Kemampuan Pemenggalan Kata Dasar dan Berimbuhan pada Teks Laporan Siswa Kelas III SDN Gadang I Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Achmad Taufiq M.Pd (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci pemenggalan kata kata dasar kata berimbuhan dan teks laporan. Penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar harus memperhatikan aspek-aspek dalam menulis. Aspek-aspek tersebut meliputi (1) ejaan (2) diksi (3) struktur kalimat dan (4) struktur paragraf. Sistem ejaan yaitu penulisan huruf kata pemenggalan kata dan tanda baca. Pemenggalan kata dilakukan ketika penulisan suatu kata belum selesai yang terjadi di ujung baris sehingga harus ganti baris berikutnya. Pemenggalan kata tersebut diatur dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Dari hasil observasi peneliti di SDN Gadang I terdapat 9 siswa dari 36 siswa kelas III B yang masih salah dalam memenggal kata saat siswa menyalin teks yang berjudul Saling Menghargai yang ada pada buku tematik siswa tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema 1 Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan kelas III. Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut kemampuan pemenggalan kata pada siswa kelas III di SDN Gadang I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemenggalan kata dasar dan berimbuhan pada teks laporan siswa kelas III SDN Gadang 1 kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas III SDN Gadang 1 sebanyak 108 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 40% dari populasi yaitu 44 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Sumber data dari penelitian ini berupa dokumen tulisan siswa kemudian dianalisis pemenggalan kata yang terjadi dan dihitung nilai persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 151 pemenggalan kata dasar dengan kesalahan pemenggalan kata sebanyak 47 kata atau 31 13% yang berarti kemampuan pemenggalan kata dasar siswa di SDN Gadang 1 masih perlu mendapatkan bimbingan dari guru. Kesalahan pemenggalan kata berimbuhan sebanyak 47 kata atau 34 31% dari jumlah pemenggalan kata berimbuhan sebanyak 137 kata yang artinya kemampuan pemenggalan kata berimbuhan siswa SDN Gadang 1 masih perlu mendapatkan bimbingan dari guru. Oleh karena itu disarankan kepada guru kelas III untuk merespon tulisan siswa dengan memberikan catatan-catatan pada tulisan siswa sehingga akan menumbuhkan semangat siswa untuk menulis lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6810 |
Actions (login required)
View Item |