Wijaya, Fentika Meidian (2018) Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Fentika Meidian Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wijaya Fentika Meidian. 2018. Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M. Pd Kata Kunci Analisis Kesalahan Ejaan Karangan Narasi Menulis merupakan proses menuangkan pikiran gagasan dan perasaan dalam bahasa tulis untuk berkomunikasi. Pada dasarnya istilah mengarang sama dengan istilah menulis. Pada kegiatan mengarang siswa diharapkan dapat menghasilkan tulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Berdasarkan observasi awal di kelas V SDN Glanggang II siswa melakukan kesalahan penulisan huruf kapital tanda baca dan kata berimbuhan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas V SD gugus 2 Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 159 siswa. Jumlah sampel sebanyak 49 siswa yang diproleh menggunakan teknik area proporsional random sampling. Data diperoleh melalui teknik tes uraian berupa karangan narasi siswa yang kemudian dianalisis kesalahan ejaannya. Kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi siswa sebagian kecil salah dalam penulisan huruf kapital dipakai pada awal kalimat (37%) dan nama orang (31%) hampir setengah salah dalam penulisan huruf kapital dipakai pada nama agama kitab suci dan Tuhan (44%) nama tahun bulan dan hari (48%) dan nama geografi (49%). Kesalahan penulisan tanda baca dalam karangan narasi siswa sangat kecil terletak pada tanda hubung (4%) sebagian kecil salah dalam penulisan tanda baca titik (26%) dan sebagian besar salah dalam penulisan tanda koma (56%). Kesalahan penulisan kata berimbuhan dalam karangan narasi siswa sangat kecil terletak pada awalan (4%) akhiran (5%) dan gabungan awalan dan akhiran (9%). Tidak terdapat kesalahan penulisan sisipan. Berdasarkan penelitian kesalahan penulisan huruf kapital banyak terjadi pada huruf pertama nama geografi. Penulisan tanda baca banyak terjadi pada penggunaan tanda koma. Penulisan kata berimbuhan banyak terjadi pada gabungan awalan dan akhiran. Saran bagi guru untuk mengoreksi secara detail setiap tugas mengarang siswa bagi sekolah untuk memperbaiki pembelajaran bahasa Indonesia dan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan membanyak subjek penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6805 |
Actions (login required)
View Item |