Upaya peningkatan keterampilan berbicara dengan model bermain peran pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang / Erista Rahmayunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan keterampilan berbicara dengan model bermain peran pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang / Erista Rahmayunita

Rahmayunita, Erista (2018) Upaya peningkatan keterampilan berbicara dengan model bermain peran pada siswa kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang / Erista Rahmayunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahmayunita Erista. 2018. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Bermain Peran pada Siswa Kelas IV SDN Mulyorejo 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd (2) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Bermain Peran Pembelajaran berbicara yang selama ini terjadi di sekolah masih jauh dari kondisi yang diharapkan. Hal ini tercermin dari masih banyaknya pembelajaran yang dilakukan sama antara kegiatan berbicara dengan membaca nyaring. Kondisi lain yang lebih parah adalah bahwa pembelajaran keterampilan berbicara terkadang tidak dilaksanakan. Siswa lebih banyak dilatih menulis dan membaca sehingga kemampuan berbicara menjadi sangat rendah Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui model bermain peran siswa kelas IVB SD Negeri 3 Mulyorejo Kota Malang. Pembelajaran berbicara difokuskan pada aspek kebahasaan yang meliputi tekanan ucapan nada irama diksi dan struktur kalimat serta aspek nonkebahasaan yang meliputi kelancaran penguasaan materi keberanian keramahan dan sikap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Mulyojero yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tindakan pembelajaran siklus I dan siklus II masing-masing dilakukan dalam dua kali pertemuan. Peningkatan keterampilan berbicara yang terjadi yaitu (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 60 9 dengan persentase ketuntasan sebesar 5 5% (2) rata-rata nilai siklus I pertemuan pertama sebesar 64 6 dengan persentase ketuntasan sebesar 36 1% (3) rata-rata nilai siklus I pertemuan kedua sebesar 75 4 dengan persentase ketuntasan sebesar 66 6% (4) rata-rata nilai siklus II pertemuan pertama sebesar 78 dengan persentase ketuntasan 80% rata-rata nilai siklus II pertemuan kedua sebesar 80 8 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%. Dengan menerapkan langkah-langkah model bermain peran dengan tepat aktivitas belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu peneliti harus lebih berinovasi untuk melakukan penelitian serupa ataupun penelitian lain yang masih berkaitan dengan penelitian yang sudah dilakukan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item