Ahrisya, Ledy (2019) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 1 di MI YPSM Al Manaar / Ledy Ahrisya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ahrisya Ledy. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 9 Subtema 1 di MI YPSM Al Manaar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Hasil Belajar Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan suatu hal yang harus diperhatikan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 1. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MI YPSM Al Manaar tahun 2018/2019 dengan 18 siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 71 44 dan kelas kontrol sebesar 75 79. Setelah diberi perlakuan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 83 22 dan kelas kontrol sebesar 82 42. Hasil uji Paired Samples T Test pada kelas eksperimen nilai signifikansinya yaitu 0 000 0 025. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Sedangkan hasil uji Independent Samples T Test nilai signifikansinya yaitu sebesar 0 893 0 025. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/67772 |
Actions (login required)
View Item |