Setiawan, Bayu (2018) Pengembangan media CD interaktif subtema 8.3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku untuk kelas IV semester 2 sekolah dasar Kota Malang / Bayu Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawan Bayu. 2018. Pengembangan Media CD Interaktif Subtema 8.3Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku untuk Kelas IV Semester II Sekolah Dasar Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. (II) Drs. H. Suhartono S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran CD Interaktif Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Sekolah Dasar. Media pembelajaran adalah seperangkat bahan yang memuat materi atau isi pembelajaran yang dibutuhkan untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Lesanpuro 03 Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis komputer belum memadai.Penelitian ini mengembangkanmedia CD interaktif Subtema 8.3Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku untuk kelas IV semester II sekolah dasar kota malang.Peneliti mengambil subtema tersebut karena di dalamnya memuat tentang keuniakan dari daerah malang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media CD interaktif yang bisa digunakan untuk pembelajaran mandiri dan menyenangkan oleh siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Langkah-langkah penelitian ini antara lain analisis kebutuhan dan tujuan analisis pembelajaran analisis pebelajar dan konteks memilih dan menentukan KD mengembangkan matriks media pembelajaran mengembangkan story board mengembangkan produk melakukan evaluasi formatif melakukan revisi produk berdasarkan evaluasi formatif dan produk akhir. Hasil pengembangan berupa produk CD interaktif dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan untuk guru dan siswa.Berdasarkan evaluasi formatif kepada ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata persentase nilai 84 37%. Dari ahli isi pembelajaran diperoleh rata-rata persentase nilai 92 30%. Evaluasi formatif kepada pengguna diperoleh persentase nilai 95 24%. Dari uji coba siswa diperoleh rata-rata persentase nilai 97%. Uji lapangan pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil pretes dan postesyaitu sebesar 13 33 poin. Berdasarkan persentase penilaian pada ahli dan uji coba pada siswa CD interaktifsangat menarik dan dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri. CDinteraktifbahan pembelajaran ini dapat dijadikanbahan pembelajaranuntuk kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan CD interaktif dengan memperbanyak kegiatan belajar berupa permainan yang menuntut siswa untuk aktif berpikir CD interaktif untuk kelas lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6765 |
Actions (login required)
View Item |