Pengaruh media permainan flash card terhadap kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa Inggris kelas III di SD 1 Sumbermanjing Wetan / Desinta Novadigna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media permainan flash card terhadap kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa Inggris kelas III di SD 1 Sumbermanjing Wetan / Desinta Novadigna

Novadigna, Desinta (2017) Pengaruh media permainan flash card terhadap kemampuan siswa dalam menyusun kalimat bahasa Inggris kelas III di SD 1 Sumbermanjing Wetan / Desinta Novadigna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novadigna Desinta. 2017. Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyusun Kalimat Bahasa Inggris Kelas III di SDN 1 Sumbermanjing Wetan. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si Kata Kunci Menyusun Kalimat Bahasa Inggris Permainan Flash Card Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan untuk bertukar informa-si dari seluruh dunia sehingga Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Interna-sional. Indonesia sendiri masih berada diurutan ke-32 untuk kemahiran berbahasa Inggris (CNN Indonesia). Meski di Indonesia pendidikan Bahasa Inggris diberi-kan sejak jenjang pendidikan dasar namun masih belum menjadikan Bahasa Ing-gris di Indonesia mampu bersaing dengan negara Asia lainnya. Hal tersebut kare-na kurangnya keterampilan dalam menyusun kalimat bahasa Inggris. Keterampi-lan menyusun kalimat dapat ditingkatkan menggunakan bantuan media. Media flash card merupakan media kartu bergambar dan kata keterangan dibagian belakang kartu. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian seluruh siswa kelas III yang seba-nyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instru-men pengukuran hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipo-tesis penelitian adalah statistik nonparametik melalui Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengetahui hasil dari pretest dan posttest. Berdasarkan hasil dari pretest-postest menyusun kalimat Bahasa Inggris terdapat peningkatan rata-rata nilai pretest-posttest. Diketahui bahwa Thitung 5 dengan nilai Ttabel 65. Sehingga Thitung Ttabel (5 65) maka H0 ditolak adanya pengaruh permainan flash card. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan menyusun kalimat Bahasa Inggris. Beberapa saran yang disampaikan peneliti yaitu 1) bagi guru hendaknya dapat menerapkan dan mencoba penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan antusias yang lebih dari siswa dan guru dapat menggunakan media permainan flash card dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar 2) bagi penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan media yang dapat meningkatkan antusias belajar siswa dengan memperhatikan keadaan yang ada dilapangan dan diharapkan mampu menggunakan media flashcard dengan tema yang lain agar lebih banyak tema yang dapat dipelajari siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item